Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Friday, April 21, 2023

Dubes RI Kolombo Gaungkan Semangat Kartini Saat Penyambutan KRI Bima Suci


Kolombo(MALADEWA).BM- Sebagai penyambutan kedatangan KRI Bima Suci di Kolombo, Dubes RI untuk Sri Lanka Dewi Gustina Tobing menyelenggarakan resepsi pada 21/4. Kapal milik TNI Angkatan Laut tersebut berlabuh di Kolombo pada 20/4/2023 sebelum melanjutkan pelayaran goodwill voyage ke Eropa pada 22/4/2023.

Resepsi dihadiri oleh Menteri Muda urusan Luar Negeri Sri Lanka, Tharaka Balasuriya, Panglima Tentara Nasional Sri Lanka, Jenderal Shavendra Silva, Kepala Staf Angkatan Laut Sri Lanka, Laksamana Madya Priyantha Perera, Pejabat Pemerintah, Korps Diplomatik, dan komunitas bisnis. Atase Pertahanan RI, Laksama Pertama Didik Kurniawan, dan Komandan KRI Bima Suci, M. Sati Lubis, ikut mendampingi Dubes RI Kolombo.

Penerimaan kedatangan KRI Bima Suci di Kolombo merupakan wujud eratnya persahabatan antara Indonesia dan Sri Lanka. “Berlabuhnya KRI Bima Suci di Pelabuhan Kolombo merupakan wujud nyata dan menjadi bagian dari penguatan hubungan Indonesia-Sri Lanka," ungkap Duta Besar RI untuk Sri Lanka, Dewi Gustina Tobing saat menyampaikan sambutannya pada acara resepsi.

Dubes Dewi juga menyatakan bahwa Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kemitraan timbal balik dengan Sri Lanka dan menganggap Sri Lanka sebagai negara tetangga yang potensial.

Pada penyelenggaraan resepsi yang bertepatan dengan Hari Kartini tersebut, Dubes Dewi menggaungkan perjuangan Pahlawan Ibu Raden Ajeng Kartini untuk kesetaraan dan emansipasi bagi perempuan Indonesia. Dubes Dewi juga menyampaikan Selamat Hari Kartini kepada para Kowal yang ikut dalam pelayaran KRI Bima Suci dan kepada seluruh perempuan Indonesia yang hadir pada acara resepsi dengan mengajak untuk terus berkarya dan berkontribusi untuk untuk kemajuan Indonesia.

Sedangkan Menteri Tharaka dalam sambutannya menekankan pentingnya hubungan Sri Lanka-Indonesia. Menteri Tharaka juga berharap agar kerja sama yang erat antara kedua negara dapat terus diperkuat khususnya di bidang kemaritiman.

Sementara itu, pada pagi 21 April 2023, KRI Bima Suci menerima kunjungan 50 Kadet AL Sri Lanka untuk melihat kemampuan teknis KRI Bima Suci serta berbagi ilmu dan pengalaman dengan mitra TNI Angkatan Laut. Selain itu, dua Kadet AL Sri Lanka mendapat kesempatan ikut dalam perjalanan KRI Bima Suci dari Pelabuhan Kolombo ke Pelabuhan Salalah di Oman.

KRI Bima Suci-945, yang merupakan Kapal latih taruna AL Indonesia, dijadualkan menempuh rute pelayaran ke negara-negara di Asia, Afrika, dan Eropa selama 214 hari dan mengikuti kegiatan internasional, termasuk ASEAN Cadet Sail, L'Armada di Perancis, Tall Ships Race di Belanda, dan Hanse Sail di Jerman.

Rancangan teknis kapal layar tiang tinggi ini memiliki panjang 111,20 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman sarat 5,95 meter, dan tinggi tiang maksimal 49 meter. Kapal tipe Barque bertiang tiga ini memiliki 26 layar dengan total luas layar 3.352 meter persegi. KRI Bima Suci diluncurkan pada 18 September 2017 oleh Freire Shipyard, Vigo, Spanyol.​​

Baca Juga

#Gan | KBRI Kolombo

No comments:

Post a Comment

Klik Informasi Yang Anda Butuhkan





"Prakiraan Cuaca Selasa 27 Februari 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS