Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Saturday, April 29, 2023

Dievakuasi dari Sudan Akibat Perang, 557 WNI Berlabuh di Jeddah


Jeddah(ARAB SAUDI).BM- Sekitar pukul 5:00 Waktu Arab Saudi, kapal MV Amanah yang membawa sebanyak 557 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Port Sudan berhasil sandar dengan selamat pada Rabu, 26 April 2023 di King Faisal Naval Base, Pangkalan Militer Angkatan Laut Kerajaan Arab Saudi di Jeddah. Sebagian besar WNI yang berhasil dievakuasi terdiri dari mahasiswa Indonesia, Pekerja Migran Indonesia (PMI), karyawan perusahaan Indofood, dan staf KBRI Khartoum.

Kedatangan gelombang pertama WNI di Jeddah tersebut disambut oleh Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad, dan Konsul Jenderal RI Jeddah, Eko Hartono. 

Setelah menyelesaikan proses keimigrasian, mereka diangkut menuju penginapan untuk beristirahat, sambil menunggu pengaturan perjalanan mereka selanjutnya ke Indonesia.  

Proses evakuasi dilakukan melalui jalur darat dari Khartoum menuju Port Sudan. Selanjutnya, rombongan tersebut diangkut menggunakan kapal MV Amanah. Kapal berbendera Arab Saudi ini bertolak dari Port Sudan Selasa, 25 April 2023, pukul 07.15 waktu setempat (12.15 WIB), mengarungi Laut Merah menuju Jeddah dengan waktu tempuh 15 jam. 


Kondisi 557 WNI yang tiba di Jeddah dilaporkan sehat, meski sebagian tampak kelelahan setelah menempuh perjalanan panjang yang menegangkan akibat perang yang bergejolak di Sudan.  

Pemerintah RI melanjutkan upaya evakuasi tahap kedua sebanyak 328 WNI dari Port Sudan menuju Jeddah. Mereka diperkirakan tiba di Jeddah pada Rabu, 26 April malam hari waktu setempat. 

KJRI Jeddah dan KBRI Riyadh beserta Tim Perbantuan dari Pusat terus melakukan koordinasi dengan Otoritas Arab Saudi guna memastikan proses evakuasi WNI dari Sudan berjalan dengan lancar.

Baca Juga

#Gan | KJRI Jeddah

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS