Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Friday, April 14, 2023

BPSDM Kemendagri dan Bank Indonesia Institute Bahas Kerja Sama Pengembangan SDM dan Program Penguatan Ekonomi Pemerintah


JAKARTA.BM- Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Bank Indonesia Institute (BINS) membahas kerja sama pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan program penguatan ekonomi pemerintah. Pembahasan itu berlangsung, saat jajaran BPSDM Kemendagri berkunjung ke BINS, Jakarta Pusat, Selasa (11/4/2023).

Kunjungan ini untuk menjalin kerja sama, berkolaborasi, dan mempelajari berbagai program inisiatif BINS dalam pengembangan SDM dan peningkatan kompetensi di sektor perbankan dan keuangan. Selain itu, untuk mengidentifikasi peluang program sektor publik dan perbankan dalam kegiatan ekonomi, investasi, dan pembangunan daerah.

Kegiatan kunjungan ini dipimpin oleh Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Fungsional dan Teknis Anggar Pramudiani Widyaningtyas, didampingi Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Regional Bukittinggi, Bandung, Yogyakarta, Makassar, serta pejabat lainnya dari Kemendagri. Delegasi diterima langsung oleh Kepala BINS yang didampingi Deputi Direktur, Assistant Director, dan Asisten Manajer.

Dalam pertemuan itu, kedua pihak membahas berbagai poin seperti kerja sama pertukaran data dan integrasi data untuk pengambilan kebijakan pemerintah pusat dan daerah. Turut dibahas juga produk Bank Indonesia seperti QRIS untuk inklusi ekonomi serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pembahasan lainnya yakni mengenai pengembangan program pelatihan dan pembelajaran bersifat tematik terkait dengan investasi, stunting, perubahan iklim, inflasi, dan kolaborasi. BINS juga menyampaikan program pembinaan sosial (social capital) kepada UMKM yang dapat menjadi inspirasi bagi pemimpin daerah.

Secara keseluruhan, kunjungan kerja ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM di sektor pemerintahan dan perbankan. Selain itu, kegiatan ini dapat mendukung pencapaian tujuan pembangunan nasional melalui kerja sama antara BPSDM Kemendagri dan BINS.

Dalam pertemuan itu, kedua pihak sepakat untuk menjalin kerja sama dalam berbagai aspek, seperti pertukaran data, pengembangan kapasitas SDM, dan dukungan terhadap program pemerintah. Kerja sama ini mencakup pelatihan kepemimpinan berjenjang, pengawasan, dan pengembangan kompetensi aparatur daerah, termasuk kepala daerah dan DPRD.

BINS bakal berkolaborasi dengan BPSDM Kemendagri dalam pengembangan ekonomi regional, pengendalian inflasi, dan pengurangan ketimpangan. Selain itu, penguatan BUMD di daerah melalui kepala daerah juga menjadi salah satu fokus kerja sama antara kedua institusi tersebut.

Baca Juga

#Gan | Rel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Rabu 24 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS