Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Monday, March 20, 2023

Presiden Jokowi Beri Penghargaan Atas Kontribusi Berbagai Pihak Dalam Penanganan COVID-19

Presiden Jokowi pada acara penyerahan Penghargaan Penanganan Pandemi COVID-19, di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (20/03/2023). (Foto: Humas Setkab/Jay)


JAKARTA.BM- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan penghargaan kepada berbagai pihak yang telah berkontribusi dan bekerja keras dalam upaya penanganan pandemi COVID-19 di tanah air. Penyerahan penghargaan tersebut digelar di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (20/03/2023) pagi.

Dalam sambutannya Presiden mengungkapkan bahwa berbagai pihak menilai Indonesia termasuk negara yang berhasil menangani pandemi COVID-19. Tak hanya dinilai mampu menekan angka COVID-19, Indonesia juga dinilai dapat menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi.

“Di bulan Juni 2022, Dirjen WHO Tedros Adhanom menyampaikan bahwa penanganan COVID-19 di Indonesia termasuk yang terbaik dan cakupan vaksinasinya juga masuk yang terbaik. Yang ngomong bukan kita, yang ngomong adalah Dirjen WHO. Kemudian di September 2021, Johns Hopkins University juga menyampaikan Indonesia sebagai one of the best in the world dalam menurunkan kasus COVID-19. Yang ngomong juga bukan kita, bukan kita yang ngomong, mereka yang berbicara,” ujar Presiden.

Keberhasilan penanganan pandemi tersebut tidak lepas dari kerja bersama seluruh komponen bangsa, mulai dari pemerintah pusat sampai ke tingkat desa, tenaga kesehatan (nakes), TNI-Polri, sektor swasta, organisasi kemasyarakatan, akademisi, hingga seluruh masyarakat.

“Saya lihat betul-betul kita semuanya dari A sampai Z semuanya bekerja keras untuk menangani COVID-19 ini. Dan, banyak pihak yang bekerja mempertaruhkan risiko dirinya. Banyak nakes kita yang gugur dalam penanganan COVID-19 ini, banyak pihak yang bekerja melampaui tugas dan fungsinya, TNI dan Polri banyak yang melampaui tugas dan fungsinya, banyak pihak yang menjadi relawan untuk keselamatan kita bersama, dan banyak pelajaran-pelajaran yang bisa kita petik selama menangani COVID-19 ini,” ujarnya.

Presiden menambahkan, penanganan pandemi COVID-19 menunjukkan adanya kekuatan besar Indonesia yang luar biasa sebagai sebuah bangsa besar. Kekuatan ini, lanjut Presiden, bukan hanya dapat digunakan untuk semua agenda besar bangsa tetapi juga dapat digunakan untuk menangani penyakit-penyakit yang lainnya seperti TBC, penanganan stunting, peningkatan produksi pangan, serta penurunan angka kemiskinan.

Menutup sambutannya, Kepala Negara menyampaikan apresiasi kepada semua penerima penghargaan yang terbagi dalam 16 kategori.

“Kepada Bapak-Ibu yang menerima PPKM Award, saya menyampaikan selamat. Marilah pengabdian ini terus kita lanjutkan untuk memecahkan berbagai masalah-masalah kemanusiaan dan kebangsaan, dan membangun Indonesia menjadi negara maju,” tandasnya.

Berikut 16 kategori Penghargaan Penanganan COVID-19 tersebut:
1. Sentra Vaksinasi Terbaik
2. Layanan Telemedisin Terbaik
3. Laboratorium Terbaik
4. Media dan Influencer Terbaik
5. Organisasi Keagamaan Pendukung Pemerintah dalam Penanganan Pandemi Terbaik
6. Akademisi Pendukung Pemerintah dalam Penanganan Pandemi Terbaik
7. Negara Sahabat Pendukung Pemerintah Indonesia dalam Penanganan Pandemi Terbaik
8. Badan Usaha Milik Negara Pendukung Layanan Penanganan Pandemi Terbaik
9. Organisasi Internasional Pendukung Pemerintah Indonesia dalam Penanganan Pandemi Terbaik
10. Swasta Luar Negeri Pendukung Pemerintah Indonesia dalam Penanganan Pandemi Terbaik
11. Swasta Dalam Negeri Pendukung Pemerintah dalam Penanganan Pandemi Terbaik
12. Lembaga Swadaya Masyarakat Pendukung Pemerintah Indonesia dalam Penanganan Pandemi Terbaik
13. Kabupaten Terbaik
14. Satuan Kepolisian Terbaik
15. Provinsi Terbaik
16. Satuan TNI Terbaik

Turut hadir mendampingi Presiden, antara lain, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Baca Juga

#Gan | Rel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 30 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS