Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, March 16, 2023

Periode Musim Semi 2023, KJRI Frankfurt Buka Kembali Kelas Reguler Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)


Frankfurt(JERMAN).BM- KJRI Frankfurt bekerja sama dengan Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Jerman menyelenggarakan kelas reguler Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di KJRI Frankfurt periode Musim Semi (Maret-Mei) 2023. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kelas BIPA yang diselenggarakan oleh KJRI Frankfurt pada periode Musim Dingin (Oktober-Desember) 2022.

Tercatat sebanyak 84 orang mendaftarkan diri pada kelas BIPA kali ini dan dibagi ke dalam tiga kelas yaitu dua kelas pemula dan satu kelas menengah. Satu kelas pemula diselenggarakan secara hybrid sementara satu kelas pemula lainnya dan kelas menengah diselenggarakan secara daring.

Pada 14 Maret 2023, acara pembukaan telah dilakukan secara hybrid, yaitu secara luring di KJRI Frankfurt dan secara daring melalui virtual meeting, dan dihadiri oleh wakil dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek RI; para pengajar dan peserta kelas BIPA; serta staf KJRI Frankfurt.

Dalam pembukaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa diwakili oleh Koordinator Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) BIPA, Bapak Iyus Yusuf yang menyampaikan sambutan Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa mengapresiasi KJRI Frankfurt dan segenap pengajar dari diaspora Indonesia dan para peserta yang telah memilih bahasa Indonesia sebagai bahasa asing untuk berkomunikasi lebih erat dengan masyarakat Indonesia.

Konsul Jenderal (Konjen) RI Frankfurt, Acep Somantri, membuka secara resmi Kelas Reguler BIPA di KJRI Frankfurt periode Musim Semi 2023 dan dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyediaan layanan pembelajaran BIPA merupakan kesempatan untuk semakin memperkenalkan Bahasa Indonesia kepada warga negara asing dan KJRI Frankfurt bercita-cita menjadikannya sebagai agenda rutin dan berkesinambungan.

Lebih lanjut Konjen RI Frankfurt sampaikan bahwa Bahasa Indonesia menjadi contoh sehari-hari penerapan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika serta merupakan salah satu identitas nasional bangsa Indonesia yang mampu menciptakan harmoni dalam perannya sebagai bahasa persatuan.

Di Jerman, Bahasa Indonesia diajarkan di beberapa universitas, ada yang menjadikannya sebagai mata kuliah wajib, khususnya di universitas-universitas dengan jurusan Kajian Asia Tenggara, sementara lainnya ada yang menawarkan Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran pilihan.

Peserta BIPA KJRI Frankfurt merupakan warga negara asing yang berdomisili enam negara bagian wilayah kerja KJRI Frankfurt (wilayah barat dan selatan Jerman) yaitu Hesse, Baden Württemberg, Nordrhein Westfalen, Bayern, Rheinland Pfalz, dan Saarland.

Jumlah peserta yang mendaftar meningkat dari periode sebelumnya yang diikuti oleh 66 orang peserta. Peserta yang ikut pada periode Musim Semi 2023 ini tidak hanya dari warga negara Jerman namun juga warga negara Türkiye, Austria, Perancis, Swiss, dan Kazakhstan.

Kelas Reguler BIPA di KJRI Frankfurt periode Musim Semi 2023 diselenggarakan rutin setiap minggu sebanyak 10 pertemuan hingga bulan Mei 2023. KJRI Frankfurt memberikan sertifikat partisipasi bagi peserta yang berkomitmen dan mampu berpartisipasi pada setidaknya 70 persen dari keseluruhan kelas yang diadakan.


Baca Juga

#Gan | KJRI Frankfurt​​

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 30 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS