Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, March 7, 2023

Mahasiswa dan Civitas Akademika Saint Joseph University (SJU) Beirut Antusias Ikuti Ship Tour KRI FKO-368


Beirut(LEBANON).BM- KBRI Beirut bekerja sama dengan Kapal Perang KRI Frans Kaisiepo-368 mengadakan kegiatan Ship Tour yang dihadiri oleh 50 (lima puluh) mahasiswa/i dan civitas akademika Saint Joseph University (SJU) di Beirut (03/03). Kegiatan ini bertujuan tidak hanya untuk mempromosikan seni dan budaya Indonesia, tetapi juga untuk mensosialisasikan peran aktif TNI dalam menjaga keamanan dunia dalam United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL). 

Dalam Sambutannya, Duta Besar RI untuk Lebanon, Dubes Hajriyanto Y. Thohari mengungkapkan bahwa salah satu Misi KBRI adalah mempererat hubungan masyarakat Lebanon dan Indonesia, saling mengenal dan membangun hubungan kerjasama yang baik untuk kepentingan kedua negara. “Acara ship Tour ini adalah salah satu kolaborasi kami untuk membuka jalan menuju misi ini” Jelas Dubes Hajriyanto.

Lebih lanjut disampaikan bahwa melalui kegiatan Ship Tour dan program promosi diharapakan dapat memberikan tambahan informasi tentang Indonesia dan perannya dalam menjalankan misi perdamaian, serta menarik perhatian masyarakat Lebanon tentang kesenian dan budaya Indonesia, khususnya di kalangan pelajar dan millennial.  “Saya berharap acara ini dapat membawa kenangan terbaik yang tak terlupakan bagi para peserta” tutupnya

Dalam kegiatan Ship Tour tersebut, para peserta yang terdiri dari mahasiswa dan profesor/dosen pengajar Universitas menyaksikan berbagai tarian yang dibawakan oleh para awak kapal KRI FKO-368, tur keliling KRI FKO-368 yang dipandu oleh perwira KRI FKO-368, pemutaran video kebudayaan/pariwisata Indonesia dan paparan tentang peran KRI dalam misi perdamaian dunia Maritime Task Force (MTF) UNIFIL. Di sela-sela kegiatan, para peserta juga menikmati aneka jajanan pasar khas Indonesia seperti risol, pastel, klepon,  tahu isi, nona manis, minuman beras kencur serta kopi instan produk Indonesia, Caffino.

Pimpinan rombongan Universitas SJU, Prof. Cristian Toutel, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sedalam-dalamnya kepada KBRI Beirut dan KRI SIM 368. Baginya ini merupakan undangan kehormatan bagi Universitas dan menandakan kuatnya hubungan persahabatan Indonesia dan Lebanon, khususnya antara KBRI dan Universitas SJU. Baginya Indonesia adalah negara yang sangat indah, dipenuhi oleh keindahan alam dan pariwisatanya. Lebih lanjut, peran TNI yang selalu aktif di UNIFIL di Lebanon dalam menjaga keamanan dan perdamaian sangat mengagumkan, begitu juga keterlibatan KRI SIM 368 yang baru-baru ini menyelamatkan Kapal Pengungsi yang tenggelam di daerah Tripoli Lebanon. 

Selim, salah seorang peserta juga mengungkapkan kegembiraannya karena mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dia bersama peserta yang lain merasa sangat senang dan juga terkesan karena bisa naik Kapal Perang RI. “Indonesia is a beautiful country, we want to visit Indonesia” komentarnya. 

Pada saat acara paparan dan pemutaran video tentang wonderful Indonesia, salah satu Perwira Kapal KRI memandu sesi kuis terkait Indonesia dan KRI. Berbagai pertanyaan disampaikan secara singkat, tetapi bergaya millennial, sehingga menarik perhatian seluruh peserta. Peserta berebut mengangkat tangan dan mencoba menarik perhatian pemandu agar dipilih untuk menyampaikan jawaban. “Jakarta”, jawab salah seorang peserta, saat menjawab pertanyaan judul Ibukota Indonesia. Aksen yang canggung namun penuh semangat tersebut menimbulkan tawa dan memicu semangat peserta lain untuk ikut memberikan jawaban serupa. Berbagai souvenir berupa mug dan tas dari KRI FKO-368 diberikan sebagai apresiasi untuk peserta yang dapat menjawab pertanyaan kuis. 

Kegiatan Ship Tour tersebut merupakan salah satu upaya KBRI Beirut dalam meningkatkan promosi seni budaya dan pariwisata Indonesia kepada masyarakat Lebanon, khususnya kepada kalangan mahasiswa/i dan civitas akademika Universitas SJU.​


Baca Juga

#Gan | KBRI Beirut

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "





"Prakiraan Cuaca Senin 04 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS