Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"


Thursday, March 2, 2023

Lagi, 2 Pelanggan Besar Multinasional Kapasitas 6.861 MWh Dilayani Listrik Bersih PLN melalui REC


JAKARTA.BM- PT PLN (Persero) kembali menyalurkan energi bersih melalui Renewable Energy Certificated (REC). Sebanyak 6.861 Megawatt hour (MWh) disalurkan melayani dua perusahaan multinasional yaitu PT Frisian Flag Indonesia dan Ramsay Sime Darby Health Care yang menaungi Rumah Sakit Premiere Bintaro, Jatinegara, dan Surabaya.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan, PLN terus memberikan berbagai opsi layanan energi bersih untuk menjawab kebutuhan industri di seluruh tanah air. Lewat REC, PLN menyalurkan listrik berbasis Energi Baru dan Terbarukan (EBT) yang diakui secara internasional bagi seluruh pelanggan, termasuk industri. 

"Kami berkomitmen untuk menyediakan energi bersih untuk mendukung terciptanya green industry di Indonesia. Lewat REC, para pelanggan bisa turut serta mengampanyekan transisi energi dari berbasis energi fosil ke energi yang lebih bersih," kata Darmawan.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jakarta Raya) Doddy B. Pangaribuan merinci, PT Frisian Flag Indonesia menyerap 4.461 unit REC atau setara 4.461 MWh energi bersih. Sementara, Ramsay Sime Darby Health Care menyerap 2.400 unit atau setara 2.400 MWh energi bersih dari REC. 

Doddy mengatakan PLN siap memenuhi kebutuhan pelanggan industri di Jakarta dan sekitarnya yang hendak beralih ke energi bersih. Lewat REC, produk hasil industri mampu memenuhi aspek keberlanjutan dalam implementasi Environmental, Social, and Governance (ESG). 

"Bagi pelanggan korporat, tentunya REC ini bisa menjadi solusi cepat dan mudah untuk mendapatkan energi dari EBT yang dulunya sistem ini hanya ada di luar negeri, kini PLN bisa menyediakan REC berstandar internasional," kata Doddy.

Di sisi lain, Presiden Direktur PT Frisian Flag Indonesia, Berend Van Wel mengatakan langkah PLN dalam menerbitkan REC sejalan dengan prinsip perusahaan dalam semangat dunia dalam menekan emisi karbon. Dengan REC PLN, industri di Indonesia bisa semakin berkembang dengan prinsip keberlanjutan dan memperhatikan aspek lingkungan.

" Sustainability menjadi salah satu pilar bisnis Frisian Flag. Tidak hanya kesejahteraan bagi para pemangku kepentingan saja, tetapi juga tanggung jawab terhadap lingkungan,” kata Berend Van Wel.

CEO Ramsay Sime Darby Health Care (RSDH), Peter Hong menjelaskan langkah perusahaan menyerap REC PLN untuk mewujudkan standar perusahaan sebagai perusahaan yang memenuhi aspek keberlanjutan dan mendukung perbaikan iklim melalui transisi ke energi bersih.

“Berlangganan listrik bersertifikat REC PLN merupakan bagian dari strategi RSDH untuk mendorong peningkatan dalam memerangi perubahan iklim global secara berkelanjutan, memberikan pelayanan terbaik dan bertanggung jawab, serta memberikan dampak terhadap peningkatan kesehatan pasien,” ujar Peter Hong.

REC merupakan produk kerja sama PLN dan Clean Energy Investment Accelerator (CEIA), yang merupakan bukti kepemilikan sertifikat berstandar internasional untuk produksi tenaga listrik yang dihasilkan dari pembangkit energi terbarukan. 

REC dari PLN ini menggunakan sistem pelacakan elektronik dari APX TIGRs yang berlokasi di California, Amerika Serikat, untuk memastikan bahwa setelah sertifikat diterbitkan, tidak dapat dibeli atau dijual ke pihak lain. Seluruh proses juga telah diverifikasi untuk memenuhi standar internasional.

Pelangganq dapat melakukan pembelian REC PLN, baik untuk individu maupun korporasi, melalui situs web https://layanan.pln.co.id/renewable-energy-certificate.

Baca Juga

#Gan | Rel

No comments:

Post a Comment

Klik Informasi Yang Anda Butuhkan


"Prakiraan Cuaca Minggu 03 Desember 2023"


"BOFET HARAPAN PERI"


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS