Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Friday, March 17, 2023

Kegiatan Working Lunch Kepala Misi Negara-Negara Anggota MIKTA atas Keketuaan Indonesia di MIKTA Partnership Tahun 2023


Panama City(PANAMA).BM- ​KBRI Panama City  telah sukses menyelenggarakan kegiatan Working Lunch yang mengundang Kepala Perwakilan/Misi Negara-Negara Anggota MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea, Turki dan Australia) di Panama City pada tanggal 14 Maret 2023 di Panama City, Panama.

Duta Besar RI Panama City menyampaikan pidato singkat atas Keketuaan Indonesia dan menggarisbawahi apa yang pernah disampaikan Menlu RI yaitu peran  dalam MIKTA sebagai jembatan dan kekuatan positif di tengah iklim politik global saat ini. Untuk itu, sebagai wakil Indonesia di Panama, KBRI Panama City ingin membangun kerjasama erat dengan negara-negara MIKTA lainnya dalam mendukung upaya menjaga stabilitas regional, kerjasama dan mendukung tujuan pembangunan yang berkelanjutan dan menguatkan ikatan budaya dalam prinsip kebersamaan. Salah satu hal yang akan dilakukan, KBRI Panama City akan mengadakan Seminar terkait MIKTA berkolaborasi dengan perwakilan asing negara anggota MIKTA di Panama dan Kementerian Luar Negeri Panama dalam waktu dekat.

Kegiatan Working Lunch ini dihadiri oleh Y.M. L. Gülhan Ulutekin, Duta Besar Republik Turki didampingi oleh Ms.  G. Begüm Tuç (Sekretaris I Kedubes Turki), Y.M. Jeong Jinkyu (Duta Besar Korea Selatan) didampingi oleh  Mrs.Yea Lim Chae (Councellor Politik Kedubes Korea),  Mr. Santiago Mateos Cibrían (Kuasa Usaha Ad Interim Kedubes Meksiko) didampingi oleh Mr. David Alejandro Díaz Barrionuevo (Atase Kebudayaan dan Kerja Sama Kedubes Meksiko), Konhor Australia Ms. Elizabeth Back, Asisten Konhor Angel Veliz) serta  Fungsi Politik dan Fungsi Ekonomi KBRI Panama City. Hadir juga wartawan Editor Majalah AMICI, Mrs. Helen J. Vasquez.

Acara ini ditandai dengan serah terima Keketuaan MIKTA secara simbolis dari Turki ke Indonesia, melalui pidato singkat ucapan selamat dari  Y.M. L. Gülhan Ulutekin, Duta Besar Republik Turki kepada Indonesia di depan seluruh anggota yang hadir. Dalam ucapan selamatnya untuk Keketuaan Indonesia pada MIKTA 2023 yang secara resmi telah disampaikan oleh Menlu Turki dan Menlu RI di New Delhi, India pada 2 Maret 2023, Dubes Turki menggarisbawahi  pentingnya multilateralisme untuk Turki, sebagai negara di lokasi geografis yang strategis, tepatnya di persimpangan Eropa, Asia dan bahkan Afrika.

Dengan alasan ini, Turki mengakui pentingnya politik luar negeri dalam sudut 360 derajat, dan bahwa pengembangan hubungan internasional yang baik ini tidak hanya harus terbatas pada mitra lokal, tetapi juga tingkat global. Sebagai pengakuan atas kekuatan timbal balik dan pendekatan terhadap tantangan global dan hubungan baik yang dimiliki Turki dengan semua negara anggota MIKTA, kebersamaan ini sangat penting untuk terus mengatasi tantangan global.

Acara Working Lunch MIKTA tersebut diikuti diskusi informal antar hadirin untuk  mengekplorasi kegiatan lainnya yang dapat dilakukan dalam payung MIKTA Partnership sehingga eksistensi MIKTA dikenal dan juga bermanfaat di Panama. Beragam ide muncul dari anggota MIKTA, antara lain membuat agenda bersama kegiatan negara MIKTA dalam satu periode, seperti MIKTA Month, Festival Film MIKTA in Panama dan juga Gastronomi MIKTA.

Acara Working Lunch Kepala Misi negara Anggota MIKTA di Panama City ini  berjalan sukses dan lancar, serta ditutup foto bersama seluruh hadirin dan diikuti wawancara jurnalis majalah AMICI kepada masing-masing Kepala Misi dari untuk menyampaikan harapan dan perspektifnya atas MIKTA.


Baca Juga

#Gan | KBRI Panama City

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Rabu 24 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS