Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Saturday, March 4, 2023

Dirjen Dukcapil Puji Layanan Disdukcapil Kabupaten Badung Sampai ke Tingkat Desa



Badung(BALI).BM- Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan berbagai progres kemajuan pelayanan administrasi kependudukan. Ada masanya Dinas Dukcapil bekerja sendirian, karena pelayanan belum didistribusikan sampai ke level terbawah.

Oleh karena itu, Dirjen Zudan menekankan Dinas Dukcapil jangan bekerja sendirian dalam pelayanan adminduk. Dia meminta Dinas Dukcapil merangkul pemerintahan tingkat kecamatan dan kelurahan. Artinya, layanan dokumen kependudukan itu harus didistribusikan hingga ke tingkat desa/kelurahan.

"Pelayanan adminduk jangan berhenti di Dinas Dukcapil. Risikonya besar, pelayanan menjadi lambat karena dikerjakan sendiri. Masyarakat pun dibuat susah karena ongkosnya mahal, waktunya lama untuk mendatangi kantor dinas yang jauh dari tempat tinggal. Ujungnya penyelesaian pekerjaan menjadi lama," tutur Dirjen Zudan saat mengunjungi pelayanan adminduk di desa percontohan Perbekel Pecatu, Jl. Raya Uluwatu Pecatu, Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (2/3/2023).

Itu sebabnya, dalam UU Adminduk No.23 Tahun 2006 dulu, standar operating procedure (SOP) pelayanan adminduk memakan waktu 14 hari kerja. "Sekarang mulai bergerak, sejak bulan Mei 2017 pelayanan adminduk terus lebih cepat. Waktu Rakornas di Gorontalo kita meluncurkan Semedi, pelayanan sehari mesti jadi," ungkap Zudan.

Bahkan Zudan meminta aparatur Dukcapil jangan cepat berpuas diri, dan terus meningkatkan kualitas pelayanan lebih cepat lagi, misalnya setengah hari mesti jadi. "Setelah terlatih mengerjakan, tahun 2025 nanti Dukcapil Badung bisa melayani satu jam mesti jadi. Kalau sudah jalan bagus, jangan puas diri: Setengah jam mesti jadi. Dengan kolaborasi kerja bersama dan bersama bekerja itu pelayanan bisa meningkat dengan sangat baik," ujarnya seraya memuji Perbekel Pecatu, Camat Kuta Selatan, dan Kadis Kabupaten Badung yang telah menunjukkan contoh baik berkolaborasi antarpemerintahan dengan sangat bagus.

Zudan mengaku sudah banyak berkunjung ke berbagai Disdukcapil di daerah. Dirinya terus memacu beberapa Disdukcapil yang hanya menggelar pelayanan di tingkat kabupaten. "Di Kabupaten Badung ini saya berterima kasih pelayanan adminduknya sampai ke tingkat desa," ucapnya disambut tepuk tangan hadirin.


Baca Juga

#Gan | Rel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS