Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Monday, March 20, 2023

Dirjen Dukcapil Kemendagri Apresiasi Kinerja dan Inovasi Disdukcapil Purbalingga


Purbalingga(JATENG).BM- Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Teguh Setyabudi mengapresiasi kinerja dan inovasi Dinas Dukcapil (Disdukcapil) Purbalingga. Menurut Teguh, inovasi tersebut perlu dilakukan untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada.

"Karena langsung menyentuh urusan esensial masyarakat, yakni identitas dan dokumen kependudukan yang menjadi dasar pelayanan publik lain, kita harus mampu melayani masyarakat dengan memberikan pelayanan yang mudah dan cepat," ujar Teguh saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Purbalingga, Jumat (17/3/2023).

Teguh menekankan kepada jajaran pejabat Disdukcapil Purbalingga agar menjaga marwah Dukcapil dengan menghadirkan pelayanan yang prima.

"Pelayanan adminduk harus gratis dan cepat. Jaga antrean agar tidak menumpuk dengan buka pelayanan online melalui aplikasi atau melalui WhatsApp," kata Teguh.

Lebih lanjut, Teguh juga mengapresiasi capaian Disdukcapil Purbalingga. Menurut Teguh capaian kinerja Dukcapil Purbalingga terbilang cukup baik. Hal ini terlihat dari sejumlah pelayanan yang diberikan, seperti layanan Mendoan Gratis atau melayani dokumen kependudukan dengan mudah, cepat, efisien, dan gratis. Selain itu terdapat pula layanan Anak Ceria Jipat atau layanan terintegrasi dengan rumah sakit, rumah bersalin, dan Puskesmas untuk percepatan cakupan akta kelahiran.

Sementara itu, dalam keterangannya, Kepala Disdukcapil Purbalingga Fathurahman mengatakan, pihaknya menyambut baik kunjungan yang dilakukan Direktorat Jenderal (Ditjen) Dukcapil Kemendagri. Dirinya pun mebeberkan sejumlah torehan yang berhasil dicapai Disdukcapil Purbalingga.

Menurutnya, persentase kepemilikan KTP terus mengalami peningkatan. Tahun 2022 misalnya, dari sebanyak 776.170 penduduk wajib KTP di Purbalingga, sebanyak 760.821 di antaranya telah memiliki KTP-el atau 98,02 persen. Kemudian untuk cakupan kepemilikan KIA mencapai 44,72 persen dari target 40 persen. Penerbitan akta kematian mencapai 100 persen atau 32.040 akta. Untuk penerbitan akta lahir mencapai 51 persen, dan kepemilikan KK mencapai 100,27 persen.

Sebagai informasi, kunjungan tersebut diakhiri dengan prosesi pemberian blanko KTP-el secara simbolis oleh Teguh kepada Fathurahman. Jumlah blanko tersebut sebanyak 1 outer atau 2.000 keping yang diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja Disdukcapil Purbalingga.

Baca Juga

#Gan | Rel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 30 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS