Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, March 21, 2023

Angklung dan Busana Tradisional Indonesia Meriahkan Festival Asian Women’s Day 2023 di Sudan


Khartoum(SUDAN).BM- Penampilan angklung dan peragaan busana tradisional Indonesia yang berlangsung meriah pada Festival Asian Women’s Day 2023 di Sudan mampu memukau perhatian tamu undangan dan pengunjung yang memadati Queen’s Hall, International Park, Khartoum pada Sabtu (18/3). 

Duta Besar RI untuk Sudan Sunarko mengungkapkan partisipasi KBRI Khartoum pada AWD 2023 disamping untuk  mempromosikan kekayaan dan keragaman seni budaya dan kuliner Indonesia, juga mendorong Pengarusutamaan Gender (PUG) di kalangan WNI di Sudan dengan mengikutsertakan peran dan partisipasi aktif mahasiswi Indonesia  yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Puteri Indonesia (PPPI) Sudan.  ​

Festival budaya dalam rangka Asian Women’s Day (AWD) adalah program kegiatan tahunan Council for International People’s Friendship (CIPF) Sudan bekerja sama dengan Perwakilan dari negara-negara Asia di Sudan yang menampilkan seni budaya, fashion show, produk kerajinan dan kuliner negara peserta.

Sebagai penampilan pembuka, Indonesia memperkenalkan keindahan pakaian adat tradisional dari berbagai daerah, diantaranya Bali, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, serta kostum eksotik Burung Garuda dan Burung Merak. 


Para hadirin semakin antusias menyaksikan penampilan alunan musik tradisional angklung yang memainkan lagu Sudaniah (Perempuan Sudan) yang menceritakan karakter perempuan Sudan yaitu tangguh, kreatif dan inovatif. Bahkan sebagian hadirin, ikut menari dan menyanyi mengikuti irama musik angklung.

Selain itu, stand pameran kerajinan tradisional Indonesia juga menjadi pusat perhatian dengan banyaknya pengunjung yang berfoto dan memakai pakaian tradisional Indonesia. 

Tak kalah menarik, sajian kuliner Indonesia, sate ayam bumbu kacang khas Madura ditambah Pisang Ijo khas Makassar ludes habis dinikmati  para pengunjung stand kuliner Indonesia.

Kegiatan AWD 2023 terdiri dari gelar budaya, peragaan pakaian tradisional, pameran kerajinan tangan, pameran kuliner yang diikuti perwakilan dari negara-negara Asia di Sudan, antara lain Indonesia, Tiongkok, India, Jepang, Bangladesh dan Korea Selatan.​


Baca Juga

#Gan | KBRI Khartoum

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 09 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS