Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Sunday, December 25, 2022

Perkuat Inovasi Daerah, Kemendagri Beri Penghargaan Pemda Terinovatif pada Ajang IGA 2022


JAKARTA.BM- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) kembali memberi penghargaan kepada pemerintah daerah (Pemda) terinovatif pada ajang Innovative Government Award (IGA) 2022. Penghargaan tersebut dihelat sebagai upaya untuk memperkuat ekosistem inovasi di daerah. Gelaran IGA dilaksanakan di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Jumat (23/12/2022). 

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian. Selanjutnya, daerah-daerah tersebut akan diusulkan untuk memperoleh Dana Insentif Daerah (DID) di bidang inovasi daerah. 

Sementara itu, Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo menjelaskan, para penerima penghargaan IGA 2022 telah melewati 4 tahapan penilaian penting. Pertama, tahap penjaringan, yakni Pemda melakukan pelaporan atas inovasi yang dilakukan oleh daerah dalam 2 tahun terakhir secara online, real time, dan transparan melalui laman https://indeks.inovasi.litbang.kemendagri.go.id. Tahapan tersebut telah dimulai sejak Juni dan berakhir pada 17 September 2022. 

Kedua, tahap pengukuran yang dilakukan melalui proses validasi serta analisis variabel dan indikator Indeks Inovasi Daerah (IID) terhadap kesesuaian parameter dengan dokumen daerah yang dilaporkan kepada Kemendagri. 

Ketiga, tahap presentasi kepala daerah nominator mengenai penerapan inovasi unggulan yang diterapkan daerahnya dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Hal itu meliputi inovasi digital dan inovasi nondigital di hadapan tim penilai dari lintas kementerian/lembaga, universitas, NGO, dan media. 

Keempat, tahap penilaian lapangan atau pengecekan kesesuaian presentasi kepala daerah dengan kondisi yang ada di lapangan terkait penerapan inovasi digital dan nondigital yang telah dilaporkan. Validasi lapangan tersebut telah dilaksanakan pada 25 November - 7 Desember 2022 di seluruh daerah nominator. 

Yusharto mengatakan, setelah melalui 4 tahap penilaian IGA 2022, akhirnya ditetapkan 40 daerah terinovatif dari 5 kategori yang ada sebagai penerima penghargaan. Berdasarkan Keputusan Mendagri, daerah terinovatif tersebut terdiri dari 7 provinsi terinovatif, 12 kabupaten terinovatif, 12 kota terinovatif, 5 daerah perbatasan terinovatif, dan 4 daerah tertinggal terinovatif. 

Sementara itu, sesuai dengan data pelaporan inovasi daerah yang telah dihimpun Kemendagri selama kurun waktu 5 tahun jumlahnya mengalami peningkatan. Yusharto mengatakan, 
peningkatan tersebut juga terjadi pada pengukuran dan penilaian Indeks Inovasi Daerah (IID) 2022. 

Tahun ini, sebanyak 510 Pemda melaporkan inovasi dengan total sebanyak 26.900 inovasi. Terjadi kenaikan jumlah inovasi, yang mana tahun sebelumnya diikuti 519 Pemda dengan jumlah inovasi sebanyak 25.124 inovasi. Sementara secara berurutan pada 2020, 2019, dan 2018, Pemda yang berpartisipasi diketahui sebanyak 484, 260, dan 188 Pemda dengan total inovasi yakni 17.779, 8.016, dan 3.718. 

“Adapun tema inovasi berkaitan dengan urusan wajib pelayanan dasar, Covid-19, Smart City, Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan provinsi, kabupaten/kota bersih bebas sampah,” pungkas Yusharto. 

Berikut ini daerah penerima penghargaan IGATahun 2022: Kategori Provinsi Terinovatif diberikan kepada Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat, dan Bali. 

Kategori Kabupaten Terinovatif: Banyuwangi, Bogor, Wonogiri, Tabalong, Sragen, Temanggung, Situbondo, Padang Pariaman, Indragiri Hilir, Hulu Sungai Selatan, Pamekasan, dan Tanggamus. 

Kategori Kota Terinovatif: Mojokerto, Pekanbaru, Surabaya, Bekasi, Cimahi, Mataram, Semarang, Padang Panjang, Jambi, Bengkulu, 
Serang, dan Sukabumi. 

Kategori Daerah Perbatasan Terinovatif: Kabupaten Bintan, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sambas, Kota Batam, dan Kabupaten Karimun. 

Kategori Daerah Tertinggal Terinovatif: Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Sorong, dan Kabupaten Nias Barat. 

Baca Juga

#Gan | Rel

No comments:

Post a Comment



"Prakiraan Cuaca Rabu 08 Februari 2023"

"Prakiraan Cuaca Dunia"



"BOFET HARAPAN PERI"



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS