Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Sunday, December 25, 2022

Mimbar; Berita Besar bagi Dunia

Pdt. Noi Zega, M.Th (Ketua Sinode Gereja Eleos Indonesia)

Perkembangan teknologi dunia sekarang ini begitu pesat, sehingga segala berita atau informasi tentang sesuatu begitu cepat didengar. 

Namun sayangnya, berita-berita hoax, kebencian kebencian, fitnahan, info negatif yang menakutkan, penanganan, bahkan membuat orang panik dan gelisah, justru terkadang mendominasi. Herannya lagi, untuk terkenal dan laku di layar TV dan medsos, ada juga orang yang sengaja melakukan tindakan buruk, melawan norma agama dan budaya.

Inilah tantangan zaman yang kita hadapi sekarang ini. Hati dan pikiran manusia cenderung kepada berita bohong dari kebenaran. Dalam 2 Timotius 4 : 4 disebutkan, “Mereka memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng”.

Suatu hari, Pdt. Billy Graham, datang mengadakan KKR di sebuah kota. Ada satu orang yang begitu mengagumi Pdt. Billy Graham. Dia rela menunggu sampai berjam-jam kedatangan Billy Graham, hingga bertemu, menyalami dan berbicara. Kepada Billy Graham, dia berkata, "Pdt Billy, kamu adalah seorang Pendeta besar!"

Dengar itu, Pdt. Billy Graham berkata, "Tidak! Saya bukan Pdt Besar, tetapi yang saya sampaikan dan kuberitakan adalah berita besar." Dalam nats firman Tuhan (Lukas 2 : 8-20) dijelaskan, Malaikat Tuhan membawa berita besar kepada para gembala yang sedang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka waktu malam. 

Apakah berita besar itu? Berita kesedihan bagi seluruh dunia, yaitu ayat 11, “hari ini telah lahir bagimu penyelamat, yaitu Kristus, Tuhan di Kota Daud”.

Berita ini adalah kabar baik, kabar kesukaan, kegembiraan, menggembirakan seluruh manusia yang telah jatuh ke dalam dosa, dan telah kehilangan kemuliaan Allah. Manusia yang telah jatuh ke dalam dosa, tidak bisa menyelamatkan dirinya sendiri, ibarat seseorang telah jatuh ke dalam lumpur hidup, maka seseorang itu membutuhkan pertolongan di luar dirinya. Manusia berdosa membutuhkan penyelamat untuk membebaskannya dari segala hukuman dosa, dan kuasa maut. 

Adam dan Hawa yang telah jatuh ke dalam dosa mereka merindukan dan meninggalkan Allah, mereka berlindung, tidak mampu mendekati Allah, tetapi kasih dan kepeduliaan Allah dinyatakan dan diproklamasikan melalui Tuhan datang mencari dan memanggil Adam dan Hawa. 

Berita keselamatan inilah yang disebut berita besar bagi dunia,Mengapa?

Pertama, karena berita keselamatan itu tidak hanya diperuntukkan bagi satu bangsa, suku, atau pada segelintir manusia, tetapi dipublikasikan pada semua orang dan semua bangsa. Artinya, kabar baik (keselamatan) adalah kebutuhan bagi seluruh manusia, bangsa dan dunia ini. Saat Yesus lahir, berita itu tidak hanya disampaikan pada mereka yang ada di sekitar tempat Yesus dilahirkan tetapi juga penampakan pada mereka yang jauh dari tempat itu, yaitu kepada orang-orang majus dari timur.

Juga bukan hanya kepada orang-orang besar, berita itu diperdengarkan, seperti kepada raja Herodes, namun juga disampaikan kepada mereka yang dianggap masyarakat rendah atau miskin seperti gembala. Itulah kabar baik, itulah berita besar bagi kita semua bahwa Tuhan mencintai semua manusia. Oleh karena itu, di sini kita belajar untuk mencintai, menerima dan memperhatikan semua orang di latar belakangnya.

Kedua, karena berita keselamatan itu adalah sumber kebahagiaan bagi seluruh dunia. Berita kelahiran Yesus adalah sumber kegembiraan bagi manusia yang telah kehilangan damai sejahtera, kegembiraan, dan kemuliaan Allah. Adam dan Hawa jatuh dalam dosa mereka kehilangan kesedihan, damai sejahtera, dan hidup mereka penuh dengan ketakutan. 

Dosa membawa ketakutan bagi manusia. Tetapi Yesus datang membawa kegembiraan bagi kita semua, karena itu para gembala setelah bertemu dengan Yesus yang inti dari berita itu. Hidup mereka berubah sehingga mereka pulang dengan kesedihan.

Ketiga, karena melalui berita besar ini kita terpanggil untuk mewartakannya ke dunia. Seperti para gembala di padang, mereka tidak hanya mendengar, dan menikmatinya tetapi juga terpanggil untuk melindungi orang lain.

Demikian juga Maria ketika malaikat datang membawa kabar itu untuk dia, meskipun berita itu mengagetkannya dan sesuatu yang sulit dia terima sebagai seorang wanita muda yang masih perawan, tetapi Maria akhirnya berkata “Sesungguhnya aku inilah hamba Tuhan, jadilah aku seperti perkataanmu itu".

Maria sadar bahwa panggilan hidupnya adalah panggilan untuk menjadi alat dan berkat bagi dunia ini. Keralaan dan ketaatan Maria telah membawa berkat dan rasa kecewa yang besar bagi dunia ini. Panggilan hidup kita sebagai orang-orang yang telah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat adalah panggilan untuk menjadi saksi dan alat bagi kemuliaanNya, kapan pun dan di mana pun.

Hidup kita bukan tentang kita, tapi tentang Dia; bukan agenda kita, tapi agenda Dia; bukan berita/kisah kita, tapi berita/kisah Dia. Orang Kristen hidup di dalam dunia ini sebagai saluran berkat bagi semua orang. Seperti doa dari seorang Fransiskus. 

“Tuhan jadikanlah aku alat damai sejahtera, di mana ada kebencian kiranya aku menaburkan kasih, di mana luka, kiranya aku memaafkan, di mana ada keraguan kiranya aku menaburkan iman, di mana ada keputusasaan kiranya aku menaburkan pengharapan, di mana ada bayangan kiranya aku menabur terang, di mana ada kesedihan kira-kira aku menuangkan kesedihan."

Biarlah ini menjadi doa dan kerinduan setiap kita, anak-anak Tuhan dalam setiap karya dan profesi bidang kehidupan kita untuk menjadi saluran berkat dan alat bagi kemuliaanNya. Marilah kita hidup mewujudkan Kerajaan Allah hadir di tengah-tengah keluarga, pekerjaan, usaha, dan di tengah-tengah masyarakat dengan menebar kasih dan terang Kristus kepada sesama kita, selagi masih ada kesempatan. Amin, Tuhan menyempurnakan.

Baca Juga

Pdt. Noi Zega, M.Th (Ketua Sinode Gereja Eleos Indonesia)

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 29 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS