Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Sunday, December 11, 2022

Ajak Generasi Muda Tolak Korupsi, KPK Gelar Nonton Bareng Fim Antikorupsi


JAKARTA.BM- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ajak siswa sekolah menengah atas nonton film anti korupsi di Ruang Nakula, Gedung Bidakara Jalan Gatot Subroto, Jakarta (10/12). Kegiatan yang jadi bagian dari rangkaian acara Hari Antikorupsi se Dunia (HAKORDIA) Tahun 2022 ini bertujuan agar generasi muda paham apa saja perilaku korupsi di sekitarnya dan berani menolaknya.

Kepala satuan tugas (Kasatgas) Sosialisasi Antikorupsi KPK Wuryono Prakoso mengatakan generasi muda bisa ambil bagian menolak korupsi dengan banyak cara yang menyenangkan, diantaranya lewat film.

“KPK setiap tahun melibatkan generasi muda dalam sosialisasi antikorupsi lewat cara yang dekat dengan kesehariannya, yaitu lewat film. Adik-adik yang hadir untuk menonton film hari ini, jika punya keinginan jadi bagian gerakan menolak korupsi bisa mengikuti ajang ACFFest yang diselenggarakan KPK. Selamat menikmati film anti korpsi hari ini, semoga adik-adik mendapat pesan dari film ini dan menolak segala perilaku korupsi disekitar kita,” katanya di depan 50 peserta.

Peserta yang terdiri dari Siswa SMA 3 Jakarta dan beberapa sekolah lainnya ini menikmati empat film anti korupsi ACFFest, yaitu Subur itu Jujur, Sekeping Tanggung Jawab, Current Network dan Terciduk. Suara gelak tawa peserta terdengar meriah saat melihat tokoh film Subur Itu Jujur, dan teriakan lega peserta terdengar saat melihat Film Sekeping Tanggung Jawab.

Film Subur Itu Jujur berkisah seorang anak bernama Subur yang tidak mau berbuat curang saat ujian olah raga, lari keliling kampung sesuai rute yang ditentukan gurunya. Sepanjang jalan yang disusurinya saat berlari, Subur melihat teman-temannya berlaku curang. Namun Subur yang jujur tetap patuh dengan amanat bapaknya untuk selalu jujur dalam perbuatannya.

Setelah pemutaran film selesai, peserta melanjutkan kegiatan dengan diskusi kelompok yang didampingi oleh Penyuluh Antikorupsi Sinergi untuk Film Integritas (PAKSuFI). Peserta dibagi dalam empat kelompok sesuai dengan judul film yang mereka lihat.

Safia, Siswa SMA 3 Jakarta memilih masuk dalam kelompok film Subur itu Jujur. Dia menyebut film itu berkesan baginya. “Subur susah payah menahan godaan dari teman-temannya yang berlaku curang. Saya belajar bahwa walau susah dan penuh godaan, upaya yang dihasilkan dari kejujuran dan kerja keras itu hasilnya lebih memuaskan,” ujarnya sambil tersenyum.

Sedangkan Lovia, Siswa SMA 3 Jakarta memilih bergabung di kelompok Sekeping Tanggung Jawab karena ia kagum dengan tokoh film itu. Dia mengaku awalnya cukup kesal dengan upaya yang dilakukan tokoh utama fim yang mau bersusah payah mengikuti uang seribu rupiah. Uang itu jatuh dari amplop yang dipeganggnya dan menggelinding cukup jauh.

“Saya kesal melihatnya, tapi kemudian saya sadar apa yang dilakukannya itu luar biasa. Dia teguh memegang amanah untuk mengantar uang dalam amplop dan menjaganya walau dengan susah payah,” kata Lovia dengan semangat.

Sementara Naila, Siswa SMA 3 Jakarta menyebut kegiatan ini berkesan baginya. “Baru kali ini saya melihat film anti korupsi dan ternyata tidak seberat yang saya pikirkan. Saya belajar nilai anti korupsi lewat film yang menyenangkan. Tokoh film yang saya lihat memiliki sifat jujur dan bertanggung jawab,” ucapnya.

Diakhir acara, PAKSuFI yang mendampingi menjelaskan nilai-nilai anti korupsi JUMAT BERSEPEDA KAKA yaitu, jujur, mandiri, tanggung jawab, berani, sederhana, peduli, disiplin, adil dan kerja keras yang ada dalam film antikorupsi yang baru saja dilihat peserta.

Baca Juga

#Gan | Rel

No comments:

Post a Comment



"Prakiraan Cuaca Senin 30 Januari 2023"

"Prakiraan Cuaca Dunia"



"BOFET HARAPAN PERI"



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS