Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Friday, November 4, 2022

[DISINFORMASI] Amerika Serikat Siagakan Pesawat Tempur Bantu Australia Rebut Pulau Pasir


Padang(SUMBAR).BM- Beredar di media sosial, sebuah unggahan video disertai narasi yang mengklaim bahwa Amerika Serikat (AS) telah menyiapkan pesawat tempur untuk membantu Australia merebut Pulau Pasir dari Indonesia.


Faktanya, klaim video tersebut adalah keliru. Video tersebut berasal dari pemberitaan sindonews.com pada 4 Agustus 2022 yang berjudul “Citra Satelit, AS Siagakan 20 Persen Pesawat Pengebom Siluman B-2 di Australia”. 

Artikel tersebut menyebutkan bahwa AS menyiagakan pesawat pengebom B-2 Spirit di Australia karena peningkatan di Selat Taiwan, bukan untuk membantu Australia merebut Pulau Pasir dari Indonesia. 

Lebih lanjut, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Abdul Kadir Jailani mengatakan bahwa Pulau Pasir tidak termasuk wilayah Indonesia, melainkan milik Australia berdasarkan warisan dari Inggris. 

Diketahui, Australia dulunya merupakan koloni Inggris. 

Pulau Pasir tersebut dimiliki oleh Inggris berdasarkan Ashmore and Cartier Acceptance Act pada tahun 1933 dan dimasukkan ke dalam wilayah administrasi Negara Bagian Australia Barat pada tahun 1942. 

Baca Juga

#Gan

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 18 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS