Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, October 20, 2022

Ini 7 Negara Paling Aman dari Kriminal


Padang(SUMBAR).BM- Laporan tahunan Indeks Perdamaian Global 2021 membeberkan peringkat negara-negara teraman di dunia. Dari 163 negara yang diteliti, setidaknya ada tujuh negara teratas yang paling aman dari kriminalitas.

Penelitian ini menggunakan 23 indikator berbeda yang dapat menentukan seberapa aman atau seberapa berbahaya suatu negara.

Berikut 7 negara teratas yang dinyatakan paling aman dari kriminal:

1. Islandia

Menurut Global Peace Index, Islandia adalah negara teraman secara global selama 13 tahun berturut-turut. Islandia adalah negara Nordik dengan populasi yang relatif kecil yaitu 340.000.

Islandia memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah yang dikaitkan dengan standar hidup yang tinggi, populasi kecil, sikap sosial yang kuat terhadap kejahatan, tingkat kepercayaan yang tinggi pada kepolisian mereka yang terlatih dan berpendidikan tinggi, dan kurangnya ketegangan antara kelas sosial dan ekonomi.

Selain itu negara ini tidak memiliki militer, dan polisi tidak membawa senjata api, hanya tongkat yang dapat diperpanjang dan semprotan merica). Islandia juga memiliki undang-undang untuk menjamin kesetaraan, seperti pernikahan sesama jenis yang sah dan adopsi sesama jenis, kebebasan beragama, dan upah yang setara untuk pria dan wanita.

2. Selandia Baru

Selandia Baru adalah negara teraman kedua di dunia. Seperti Islandia, Selandia Baru memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah, terutama kejahatan dengan kekerasan. Meski begitu, pencurian masih menjadi kejadian umum, terutama bagi wisatawan.

Selandia Baru tidak memiliki hewan yang mematikan, tidak seperti negara tetangganya Australia, yang dikenal memiliki beberapa satwa liar yang berbahaya. Namun skor Selandia Baru sedikit menurun dari tahun sebelumnya akibat serangan teror di dua masjid di Christchurch pada 15 Maret 2019, yang menewaskan 51 orang.

Warga Selandia Baru umumnya berpikiran terbuka dan memiliki undang-undang yang berlaku untuk mencegah penyalahgunaan kebebasan berbicara atau berekspresi siapa pun. Seperti Islandia, polisi di Selandia Baru tidak membawa senjata api.

3. Portugal

Portugal berada di urutan ketiga dalam peringkat negara paling damai. Pada 2014, Portugal menduduki peringkat ke-18 secara global dan sejak itu menduduki peringkat ketiga.

Tidak seperti Islandia dan Selandia Baru, Portugal memiliki polisi bersenjata; namun, tampaknya kehadiran polisi yang meningkat telah menghasilkan penurunan tingkat kejahatan di negara ini.

Dalam enam tahun terakhir, Portugal telah membuat kebangkitan ekonomi, menurunkan tingkat pengangguran dari lebih dari 17% menjadi di bawah 7%. Karena sebagian besar tingkat keamanannya, Portugal diperingkatkan sebagai negara terbaik untuk pensiun pada tahun 2020 menurut Indeks Pensiun Global Tahunan.

4. Austria

Austria adalah negara teraman keempat di dunia. Meski begitu, Austria sempat melihat penurunan indikator demonstrasi kekerasan setelah pemilihan Partai Rakyat Sebastian Kurz pada Oktober 2017. Karena ketidakstabilan politik negara, kerusuhan sosial telah meningkat.

Namun sebaliknya, Austria adalah negara yang sangat aman untuk dikunjungi. Kejahatan serius jarang terjadi, meskipun orang harus waspada terhadap pencopet dan pencuri dompet. Selain itu, Austria telah terhindar dari tindakan terorisme besar.

5. Denmark

Denmark adalah salah satu negara teraman dan paling bahagia di dunia. Denmark adalah salah satu dari sedikit negara di mana orang melaporkan merasa aman setiap saat, siang atau malam, bahkan anak-anak.

Denmark memiliki tingkat kesetaraan yang tinggi dan rasa tanggung jawab bersama yang kuat untuk kesejahteraan sosial, dua hal yang berkontribusi pada keselamatan dan kebahagiaan Denmark. Korupsi jarang terjadi dalam bisnis atau politik, karena kejujuran dan kepercayaan adalah prioritas utama di Denmark.

Denmark juga merupakan negara kesejahteraan, artinya setiap orang menerima layanan dan fasilitas yang membantu mereka menjalani kehidupan yang nyaman. Setiap orang di negara ini memiliki akses ke perawatan kesehatan tanpa biaya tambahan, pendidikan gratis, dan manula disediakan pembantu perawatan di rumah.

6. Kanada

Kanada adalah negara teraman keenam di dunia menurut Indeks Perdamaian Global, mempertahankan posisinya dari tahun 2019. Kanada menerima skor yang sangat baik untuk konflik internal, tingkat kejahatan, dan stabilitas politik.

Selain peluang kerja yang baik, akses besar ke perawatan kesehatan, dan pemerintahan yang efektif, Kanada memiliki beberapa orang yang paling terkenal ramah di dunia. Kanada memiliki tingkat kejahatan sekitar sepertiga dari tetangganya, Amerika Serikat (masing-masing 1,6 insiden per 100.000 versus 4,5 per 100.000). Dalam survei Gallup 2018, 84% orang Kanada yang disurvei mengatakan bahwa mereka merasa aman di negara mereka.

7. Singapura

Singapura menempati urutan ketujuh. Dalam laporan Gallup yang sama dari tahun 2018, penduduk Singapura merasakan rasa aman pribadi tertinggi dan memiliki pengalaman positif dengan penegakan hukum daripada negara lain mana pun.

Singapura memiliki salah satu tingkat kejahatan terendah di dunia, yang disebabkan oleh hukuman berat yang dikeluarkan bahkan untuk kejahatan kecil. Pemerintah dan polisi secara ketat mengontrol senjata api dan senjata api lainnya, sehingga kejahatan kekerasan dan konfrontatif jarang terjadi di Singapura.

Negara kota ini juga merupakan kota teraman kedua di dunia menurut Safe Cities Index dari Economist Intelligence Unit (EIU). Singapura menempati peringkat pertama untuk keamanan infrastruktur dan keamanan pribadi, kedua untuk keamanan digital, dan kedelapan untuk keamanan kesehatan.

Baca Juga

#Gan 

No comments:

Post a Comment

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"



"BOFET HARAPAN PERI"



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS