Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Sunday, October 16, 2022

Ebola Landa Uganda: Karantina total tiga minggu diumumkan untuk dua distrik

Pekerja Palang Merah membersihkan sebuah rumah di distrik Mubende setelah kematian seorang anak, yang diduga akibat Ebola.


UGANDA.BM- Karantina tiga minggu telah diumumkan di dua distrik Uganda saat negara itu memerangi wabah Ebola.

Bar, klub malam, tempat ibadah dan tempat hiburan akan ditutup di Mubende dan Kassanda yang berdekatan, dan jam malam akan mulai berlaku.

Langkah itu berbalik arah bagi Presiden Uganda Yoweri Museveni, yang sebelumnya mengatakan tidak perlu tindakan seperti itu.

Wabah terbaru ini telah menewaskan 19 orang di antara 58 kasus yang tercatat. Namun, jumlah kematian dan kasus sebenarnya mungkin lebih tinggi.

Wabah dimulai pada awal September di Mubende , sekitar 80 km (50 mil) dari ibu kota Kampala, dan tetap menjadi pusat gempa.

Presiden Museveni sebelumnya mengesampingkan karantina dengan mengatakan Ebola bukan virus yang ditularkan melalui udara sehingga tidak memerlukan tindakan yang sama seperti Covid-19.

Namun pada hari Sabtu dia menghentikan semua pergerakan masuk dan keluar dari distrik Mubende dan Kassanda selama 21 hari.

Truk kargo masih akan diizinkan masuk dan keluar dari area tersebut, katanya, tetapi semua transportasi lainnya akan dihentikan.

"Ini adalah tindakan sementara untuk mengendalikan penyebaran Ebola," katanya dalam pidato yang disiarkan televisi.

"Kita semua harus bekerja sama dengan pihak berwenang sehingga kita mengakhiri wabah ini dalam waktu sesingkat mungkin."

Presiden telah memerintahkan polisi untuk menangkap siapa pun yang dicurigai memiliki virus yang menolak untuk diisolasi.

Dan dia melarang dukun untuk mencoba menangani kasus. Dalam wabah sebelumnya, penyembuh telah dikaitkan dengan hotspot untuk penyebaran virus.

Kematian pertama yang tercatat dalam wabah ini adalah seorang pria berusia 24 tahun di Mubende. Enam anggota keluarganya juga meninggal.

Baca Juga

#Gan | bbc

No comments:

Post a Comment

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"



"BOFET HARAPAN PERI"



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS