Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_36.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_25.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Sunday, April 17, 2022

Rusia Kembali Serang Pinggiran Kota Kyiv

Tentara Ukraina berjalan di antara puing-puing setelah penembakan Rusia, saat serangan Rusia ke Ukraina berlanjut, di Kharkiv, Ukraina, 16 April 2022. (foto; REUTERS/Alkis Konstantinidis)


Kyiv(UKRAINA).BM- Ukraina, 16 April (Reuters) - Serangan udara dan serangan rudal Rusia menghantam ibu kota Ukraina, Kyiv dan kota-kota besar lainnya pada Sabtu ketika Moskow meluncurkan lebih banyak serangan jarak jauh menyusul tenggelamnya kapal utama armada Laut Hitamnya.

Di pelabuhan Mariupol yang terkepung, tempat pertempuran terberat dan bencana kemanusiaan terburuk, pasukan Rusia terus maju, berharap untuk menebus kegagalan mereka merebut Kyiv dengan merebut hadiah besar pertama mereka dari perang.

“Situasinya sangat sulit" di Mariupol, kata Presiden Volodymyr Zelenskiy kepada portal berita Ukrainska Pravda. "Tentara kami diblokir, yang terluka diblokir. Ada krisis kemanusiaan ... Namun demikian, orang-orang itu membela diri."

Moskow mengatakan pesawat tempurnya telah menyerang sebuah pabrik perbaikan tank di Kyiv. Sebuah ledakan terdengar dan asap membubung di atas distrik Darnytskyi tenggara. Walikota mengatakan setidaknya satu orang tewas dan petugas medis berjuang untuk menyelamatkan orang lain.

Militer Ukraina mengatakan pesawat tempur Rusia yang lepas landas dari Belarusia telah menembakkan rudal ke wilayah Lviv dekat perbatasan Polandia dan empat rudal jelajah ditembak jatuh oleh pertahanan udara Ukraina.

Kota barat sejauh ini relatif tanpa cedera dan berfungsi sebagai surga bagi para pengungsi dan lembaga bantuan internasional.

Di Mariupol, wartawan Reuters di distrik yang dikuasai Rusia mencapai pabrik baja Ilyich, salah satu dari dua pabrik logam tempat para pembela bertahan di terowongan bawah tanah dan bunker. Moskow mengklaim telah menangkapnya pada hari Jumat.

Pabrik itu direduksi menjadi reruntuhan baja bengkok dan beton yang dihancurkan, tanpa ada tanda-tanda pembela hadir. Beberapa mayat warga sipil tergeletak berserakan di jalan-jalan terdekat, termasuk seorang wanita dengan jaket merah muda dan sepatu putih.

Seseorang telah mengecat "ditambang" di pagar oleh stasiun pengisian bahan bakar yang dilenyapkan. Dalam tanda kehidupan yang langka, satu mobil merah melaju perlahan di jalan yang kosong, kata "anak-anak" tertulis di kartu yang ditempel di kaca depan.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah membersihkan seluruh wilayah perkotaan Mariupol dari pasukan Ukraina dan telah memblokade beberapa pejuang di pabrik baja Azovstal, kata kantor berita RIA. Ini mengutip juru bicara kementerian Igor Konashenkov yang mengatakan bahwa pada hari Sabtu, pasukan Ukraina di kota itu telah kehilangan lebih dari 4.000 orang.

Gubernur provinsi Kharkiv di timur mengatakan sedikitnya satu orang tewas dan 18 luka-luka dalam serangan rudal.

Asap mengepul dari mobil-mobil yang terbakar dan sisa-sisa dari apa yang tampak seperti gedung perkantoran di lokasi serangan di kota itu ketika tim penyelamat membersihkan gundukan puing-puing yang menghalangi jalan di luar.

Di Mykolaiv, sebuah kota yang dekat dengan front selatan, Rusia mengatakan telah menyerang sebuah pabrik perbaikan kendaraan militer.

Serangan itu menyusul pengumuman Rusia pada hari Jumat bahwa mereka akan mengintensifkan serangan jarak jauh sebagai pembalasan atas tindakan "sabotase" dan "terorisme" yang tidak ditentukan, beberapa jam setelah negara itu mengkonfirmasi tenggelamnya kapal utama Laut Hitam, Moskva.

Kyiv dan Washington mengatakan kapal, yang tenggelamnya telah menjadi simbol pembangkangan Ukraina, dihantam oleh rudal Ukraina. Moskow mengatakan kapal itu tenggelam setelah kebakaran dan sekitar 500 awaknya dievakuasi.

Kementerian Pertahanan Rusia menerbitkan video kepala angkatan laut, Laksamana Nikolai Yevmenov, bertemu di lapangan parade dengan sekitar seratus pelaut yang dikatakan sebagai anggota awak.

Satu setengah bulan setelah invasi Presiden Vladimir Putin ke Ukraina, Rusia berusaha merebut wilayah di selatan dan timur setelah menarik diri dari utara menyusul serangan di Kyiv yang berhasil digagalkan di pinggiran ibu kota.

Pasukan Rusia yang ditarik keluar dari utara meninggalkan kota-kota yang dipenuhi dengan mayat warga sipil, bukti dari apa yang disebut Presiden AS Joe Biden minggu ini sebagai genosida - upaya untuk menghapus identitas nasional Ukraina.

Rusia membantah menargetkan warga sipil dan mengatakan tujuan "operasi militer khusus" adalah untuk melucuti senjata tetangganya, mengalahkan nasionalis dan melindungi separatis di tenggara.

Baca Juga

#Gan | REUTERS

No comments:

Post a Comment

Ucapan Selamat Lebaran 1443 H dan Mudik dari Presiden Jokowi dan Ibu Negara

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"



"BOFET HARAPAN PERI"



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS