Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Monday, April 4, 2022

KBRI Zagreb Perkenalkan Indonesia Pada Anak-Anak Sekolah di Kroasia


Samobor(KROSIA).BM- KBRI Zagreb telah menyelenggarakan kegiatan promosi budaya Indonesia dengan mengambil tema “Let’s Explore Indonesia” di Gedung Pusat Pemuda, Samobor yang berjarak sekitar 30 km dari Ibu Kota Kroasia, Zagreb. Kegiatan ini dihadiri hamper 100 peserta yang  terdiri dari anak-anak warga negara Kroasia berusia 5 hingga 12 tahun beserta orangtuanya.

Dalam sambutan pembukaan, Duta Besar Indonesia untuk Kroasia, Suwartini Wirta menekankan pentingnya untuk mengajarkan anak-anak sejak usia dini mengenai wawasan dan budaya negara lain sehingga mereka dapat tumbuh berkembang menjadi sosok yang senantiasa menghargai perbedaan. Sebagai negara yang menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia dapat menjadi contoh baik bagi Kroasia dalam menghargai perbedaan.

Rangkaian kegiatan terdiri dari pemaparan materi mengenai Indonesia termasuk sesi kuis berhadiah, belajar Bahasa Indonesia, demonstrasi seremoni tumpeng, pemutaran video Tim Gamelan KBRI Zagreb, pertunjukan Tari Yapong, Menari Maumere bersama, demonstrasi permainan congklak, dan Door Prize. Selama kegiatan, para peserta telah mengikuti dengan baik dan dipandu oleh penerjemah Bahasa Kroasia yang merupakan staf KBRI Zagreb. Seluruh rangkaian kegiatan dilakukan secara interaktif.

Antusiasme para peserta terlihat selama kegiatan berlangsung, terutama saat demonstrasi tumpeng, pertunjukan tari Yapong, dan demonstrasi permainan congklak. Sebagian peserta menyampaikan bahwa baru pertama kali melihat budaya Indonesia yang sangat beragam.

Penyelenggaraan kegiatan ini juga  berkolaborasi dengan salah satu Asosiasi Orang Tua di Kroasia yang membentuk sebuah program Children For a Better World. “Kegiatan Let's Explore Indonesia yang telah diselenggarakan oleh Kedutaan Besar RI di Zagreb ini merupakan terbesar dengan jumlah peserta terbanyak dibandingkan dengan kegiatan serupa dilakukan oleh Kedutaan Asing lainnya," ujar Presiden Children for a Better World, Mr. Leo Petrov.

Sebelum kegiatan di mulai, Duta Besar Suwartini Wirta juga melakukan pertemuan dengan Wakil Walikota Samobor yang mendukung penuh mengenai kegiatan promosi budaya Indonesia di Gedung Pusat Pemuda. Kegiatan promosi budaya sangat penting untuk meningkatkan hubungan antara masyarakat di kedua negara.

Baca Juga


#Gan | KBRI Zagreb

No comments:

Post a Comment

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"



"BOFET HARAPAN PERI"



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS