Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Friday, November 12, 2021

Kemendagri Uraikan Pentingnya Peran Litbang Daerah dalam Meningkatkan Kinerja Pemerintahan Daerah


JAKARTA.BM- Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni menguraikan pentingnya peran litbang daerah dalam meningkatkan kinerja pemerintah daerah. Menurutnya, hal itu tidak lepas dari posisi litbang sebagai lembaga think tank yang memiliki kapasitas untuk memfasilitasi dan membina pelaksanaan inovasi daerah.

Di samping itu, litbang daerah diharapkan dapat melakukan kajian-kajian strategis, misalnya merumuskan kebijakan untuk peningkatan efektivitas pembangunan yang holistik, integratif, tematik, dan spasial.

“Litbang daerah juga dapat berperan dalam menyusun arah kebijakan strategis dalam pembangunan yang berkaitan dengan kerangka regulasi, kerangka kelembagaan, dan evaluasi," ujar Fatoni secara virtual ketika menjadi narasumber acara Rapat Koordinasi Litbang dan Iptek Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021, Kamis (11/11/2021).

Untuk itu, Fatoni mengajak semua pihak untuk mendukung dan mengoptimalkan peranan litbang daerah. Pasalnya, dukungan tersebut dapat mendorong peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan daerah melalui rumusan kebijakan yang dihasilkan. Ia menambahkan, agar kiprah lembaga think tank semakin optimal, pemerintah daerah perlu membangun jejaring kelitbangan dan inovasi daerah. Jalinan kemitraan tersebut dinilai dapat memacu peningkatan mutu SDM kelitbangan dan memperoleh pengetahuan baru serta hasil kelitbangan yang dapat menjadi acuan perumusan rekomendasi kebijakan di daerah.

“Di samping itu, upaya ini juga dapat mendorong peran aktif dari masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dalam pelaksanaan pembangunan di daerah," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mengungkapkan, Kemendagri terus mendorong kajian dalam peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah. Kemendagri telah membangun sejumlah instrumen yang bertujuan mengukur dan menilai kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah. Misalnya, pengukuran dan penilaian Indeks Inovasi Daerah (IID), pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD), dan Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah (IKKD). (*)

Baca Juga

#Gan | Kemendagri

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Sabtu 20 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS