Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Wednesday, November 17, 2021

Indonesia Dorong Pemuda Mesir dan Indonesia Tumbuh Berkembang Menjadi Motor Penggerak Wirausaha Pembangun Bangsa


Kairo(MESIR).BM- Peran pemuda sebagai bagian penting dari masyarakat sipil sangat dibutuhkan dalam upaya pemulihan ekonomi dan penguatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Saat ini wirausaha muda di Indonesia banyak yang sudah mendulang sukses saat usia mereka masih relatif muda, dibawah 40 tahun. Mereka mampu memberi ruang dan kesempatan kerja di berbagai sektor dengan memanfaatkan berbagai peluang termasuk platform bisnis e-commerce maupun teknologi lainnya yang dapat beradaptasi, berinovasi serta berkreasi dengan situasi yang ada saat ini.
Pandemi Covid-19 telah menyebabkan berbagai dampak kesulitan bagi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat dunia. Ekonomi Mesir dengan jumlah penduduk 105 juta jiwa masih bertahan positif dengan rata-rata angka pertumbuhan diatas tiga persen. Bahkan total perdagangan Indonesia-Mesir tahun 2020 dapat menunjukkan pertumbuhan positif 3,4%. Kebutuhan Indonesia dan Mesir di bidang perdagangan dapat saling melengkapi, bukan bersaing.

Kehadiran diaspora Indonesia di Mesir memiliki andil penting dalam mendukung upaya promosi dan penetrasi produk UMKM di pasar Mesir. Peran Diaspora Indonesia yang juga terdiri dari para mahasiswa turut ambil bagian sebagai duta-duta produk Indonesia. Keberadaan diaspora Indonesia di Mesir yang mayoritasnya pemuda, selain mengemban misi menyelesaikan studinya di berbagai lembaga pendidikan di Mesir, juga memiliki kesempatan mengasah skill bisnis, wirausaha sosial dan memperkuat jaringan untuk menjadi pengusaha sukses dan bermanfaat di kemudian hari.

Peran strategis pemuda ini diungkapkan Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf pada Forum Bisnis Kepemudaan di Mesir yang mengusung tema Kewirausahaan dalam Masyarakat Sipil ( Civil Society ). Kegiatan ini menjadi bagian sentral dari Peringatan 5 (lima) tahun berdirinya Dewan Pemuda Mesir (Egypt Youth Council) yang dilaksanakan pada tanggal 11 November 2021 di Hotel Safir, Kairo. Pada perhelatan acara yang dihadiri sekitar 200 orang tersebut, Indonesia didaulat sebagai country guest of honor.

“Saya dalam kesempatan yang berbahagia ini mengucapkan selamat kepada Dewan Pemuda Mesir atas peringatan hari jadinya yang ke-5 ini. Semoga dengan keberadaan Dewan Pemuda Mesir yang semakin aktif, dapat selalu mengemban, menggerakkan, menyalurkan peran-serta generasi muda serta menjadi wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda. Dewan Pemuda Mesir diharapkan dapat turut mengaktualisasikan peranannya dalam mengatasi berbagai permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat Mesir,” papar Dubes Lutfi dalam sambutannya.

Mohamed Mamdouh, Ketua Dewan Pemuda Mesir dalam sambutannya menyatakan rasa syukur dan apresiasi yang tinggi kepada Duta Besar RI dan Indonesia dinobatkan sebagai Tamu Kehormatan dalam perayaan HUT Dewan Pemuda Mesir karena melihat kiprah Indonesia yang sangat signifikan dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sipil.

Mamdouh menekankan, perayaan tahun ini bertepatan dengan Deklarasi Presiden Mesir tahun 2022 sebagai tahun masyarakat sipil, dan selama lima tahun terakhir, Dewan Pemuda telah bekerja untuk memperkuat hak-hak politik, ekonomi dan sosial pemuda dan perempuan di masyarakat Mesir, termasuk memperkuat kemampuan organisasi masyarakat sipil untuk berpartisipasi secara efektif dalam pengambilan kebijakan dan keputusan penting.

Atase Perdagangan KBRI Kairo, Irman Adi Purwanto menambahkan, sebagai Perwakilan Pemerintah Indonesia di Mesir senantiasa mendorong kalangan pemuda untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional di era Pandemi ini, meningkatkan kompetensi, produktivitas dan daya saing, serta mengembangkan kewirausahaan.

Dalam perhelatan Pemuda Mesir ini dirangkaian dengan kegiatan bazar produk Indonesia dengan menampilkan produk kerajinan tangan, rajutan, tas bambu, lukisan dan tenun songket dari Creative Mom's Cairo (CMC) yang diketuai oleh Ms. Fatima Awadh dan Komunitas Masry Wife, Bu Rika Susan. Selain itu dipamerkan pula produk UMKM yang dikoordinir oleh Bu Nurul, produk Torabika, Kopi Spesialti Villa Sumatra, Abon Sapi Boyolali dan produk mie instan Mie Sedap.

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Perwakilan Kedutaan Negara Sahabat, Anggota Parlemen Mesir, Aktivis LSM, Pelaku Usaha dan KADIN Mesir, pelaku usaha asal Bintan, Riau, Presiden Persatuan Pelajar & Mahasiswa (PPMI) Mesir beserta staf KBRI Kairo.​

Baca Juga


#Gan | KBRI Kairo

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 29 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS