Buka PON XX, Presiden: Pekan Olahraga Nasional Pertama di Tanah Papua - Benang Merah News

Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_36.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_25.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Sunday, October 3, 2021

Buka PON XX, Presiden: Pekan Olahraga Nasional Pertama di Tanah Papua


Jayapura(PAPUA).BM- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021, Sabtu (02/10/2021) malam, di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua secara resmi saya nyatakan dibuka,” ujar Presiden dalam sambutannya.

PON XX akan berlangsung dari tanggal 2 hingga 15 Oktober 2021 yang diselenggarakan di empat klaster wilayah, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Ini merupakan kali pertama ajang olahraga nasional ini digelar di wilayah Indonesia bagian timur.

“Kita bangga membuka PON XX, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua,” ujar Presiden.

Jalannya pembukaan PON XX Papua diawali dengan penyambutan kedatangan Presiden Joko Widodo. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penampilan tarian selamat datang dan suguhan musik dari sejumlah seniman yang diikuti dengan defile para atlet dan ofisial dari 34 provinsi bersama bendera dari masing-masing provinsi.

Usai kumandang lagu Indonesia Raya, dilakukan pengibaran bendera PON yang dibawakan oleh delapan atlet legendaris asal Papua, yaitu Raema Lisa Rumbewas, Benny Maniany, Erni Sokoy, Novilus Yoku, Kartika Monim, Melly Mofu, Rully Rudolf Nere, Imanuel Daundi.

Selepas pengibaran bendera PON, dilakukan pembacaan janji yang dilakukan oleh Maria Bonay selaku perwakilan atlet dan juga Manase Opur selaku perwakilan dari wasit yang akan berlaga dan bertugas di PON Papua.

Acara dilanjutkan dengan laporan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman dan sambutan selamat datang dari Gubernur Papua sekaligus Ketua Umum Panitia Besar (PB) PON XX Papua Lukas Enembe.

Usai sambutan sekaligus pembukaan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo, acara dilanjutkan dengan tampilan kreatif dan pertunjukan budaya serta penyalaan api kalderon diiringi lagu tema PON XX Papua 2021 Torang Bisa.


Sebagaimana dilaporkan oleh Ketua Umum KONI Marciano Norman, PON XX Papua diikuti oleh kontingen dari 34 provinsi dengan jumlah atlet sebanyak 6.116 orang atlet tamu dan 923 orang atlet tuan rumah Papua. Gelaran PON kali ini akan mempertandingkan 37 cabang olahraga yang terdiri dari 56 disiplin dan 681 nomor pertandingan serta memperebutkan 681 medali emas, 681 medali perak, dan 877 medali perunggu.

Penyelenggaraan pertandingan tersebar di 45 arena atau venue berstandar nasional bahkan sebagian di antaranya berstandar internasional, termasuk Stadion Lukas Enembe yang digunakan untuk upacara pembukaan PON XX 2021 ini.

“Semua kegiatan dalam PON ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mengingat penyelenggaraan PON XX 2021 saat ini di masa pandemi COVID-19. Hal tersebut bertujuan bahwa Indonesia bisa menerapkan kedisiplinan dan patuh terhadap protokol kesehatan sehingga kita dapat menyelenggarakan event olahraga nasional ini dengan baik.” ujar Marciano. (*)

Baca Juga

#Gan

No comments:

Post a Comment

Jadikan Prokes PON XX Papua Sebagai Acuan Ajang Olahraga Pada Masa Pandemi
"BAHAYA MASIH MENGANCAM"



"BOFET HARAPAN PERI"



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS