Mindfulness, Kunci dalam Menjaga Keseimbangan Kesehatan Fisik dan Mental di Tengah Tantangan Lockdown di Viet Nam - Benang Merah News

Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_36.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_25.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Thursday, September 2, 2021

Mindfulness, Kunci dalam Menjaga Keseimbangan Kesehatan Fisik dan Mental di Tengah Tantangan Lockdown di Viet Nam


Ho Chi Minh City(VIETNAM).BM- Mindfulness menjadi kunci penting dalam menghadapi situasi pandemi, utamanya di tengah  pemberlakuan lockdown, sebagaimana yang sedang dihadapi oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Viet Nam. Dalam webinar “Kiat Tangguh di Masa Lockdown" yang diselenggarakan KJRI Ho Chi Minh City (Minggu, 29/8/2021), psikolog dan praktisi mindfulness therapy menekankan pentingnya mindfulness untuk mendongkrak kondisi mental secara positif sehingga turut meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Mindfulness yang juga berarti kesadaran penuh atas suatu keadaan yang diikuti dengan upaya fokus atau memusatkan perhatian, juga perlu diterapkan dalam menjaga kesehatan fisik. Dr. Shinta Gasenova yang hadir sebagai narasumber kedua menjelaskan bahwa selain penerapan protokol kesehatan, masyarakat harus tetap memperhatikan konsumsi makanan bergizi, asupan air putih, olahraga teratur dan tidur yang cukup.

Di akhir kegiatan, peserta juga diajak untuk melakukan metode Sedona, sebuah terapi relaksasi menggunakan olah nafas, sebagai upaya melatih mindfulness. Metode ini diharapkan dapat menjadi bekal peserta untuk tetap tangguh menghadapi lockdown.

Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual ini mendapat sambutan hangat dan antusiasme WNI yang berada di Viet Nam. Hal ini terlihat dari interaktifitas antara peserta dan narasumber pada sesi diskusi dan tanya jawab.  Sekitar 37 WNI yang berada di Ho Chi Minh City, Kota Dalat di Provinsi Lam Dong, serta Hanoi mengikuti kegiatan tersebut di tengah kebijakan full lockwdown yang sedang diberlakukan Pemerintah Vietnam sejak 23 Agustus 2021 hingga 6 September 2021.

Acting Konjen RI di Ho Chi Minh City, Yovanka Yoan Siahainenia dalam sambutannya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia di Viet Nam untuk tetap sehat secara fisik dan mental di tengah lockdown. Kegiatan ini juga mendapat apresiasi WNI di Viet Nam, khususnya di Ho Chi Minh City karena dinilai dapat menggantikan kegiatan silaturahmi dan mempererat rasa persaudaraan di tengah pandemi.

Baca Juga


#Gan | KJRI Ho Chi Minh City

No comments:

Post a Comment

Pernyataan Presiden RI tentang Perkembangan PPKM Terkini di Istana Merdeka



ANALISIS CURAH HUJAN

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"



"BOFET HARAPAN PERI"



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS