Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Saturday, August 28, 2021

KBRI Singapura Anugerahkan Adinata Award Perdana Kepada Temasek 26 Agustus 2021


SINGAPURA.BM- KBRI Singapura pada Rabu (26/08/2021) menganugerahkan Adinata Award perdana kepada Temasek, sebagai bentuk penghargaan kemitraan yang kuat dengan Indonesia dan upayanya dalam memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Singapura. Adinata Award atau Penghargaan atas Keunggulan diberikan dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021.

Duta Besar RI untuk Singapura, Suryo Pratomo mengatakan Adinata Award diberikan kepada Temasek setelah melihat rekam jejak Temasek dan investasi jangka panjang dan berkelanjutan mereka di Indonesia.

Temasek dinilai aktif berinvestasi melalui anak perusahaan-anak perusahaannya. Temasek juga aktif memberikan bantuan ke Indonesia dalam bentuk pelatihan, beasiswa pendidikan dan juga donasi selama pandemi Covid-19.

“Temasek telah membuktikan bahwa Singapura adalah salah satu dari sedikit teman setia yang menawarkan tangannya di saat-saat yang tidak pasti untuk tetap bersatu dan bekerja sama, bersama-sama menghadapi tantangan," jelas Dubes Suryo.

Dilhan Pillay, Executive Director & Chief Executive Officer Temasek International, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas penghargaan yang diberikan kepada Temasek. “Penghargaan ini menegaskan kembali kemitraan kami yang erat dengan Indonesia. Kami akan terus bekerja sama dengan Indonesia, baik melalui investasi, tetapi yang lebih penting, sebagai teman," kata Dilhan.

Secara khusus, Dilhan melihat ekonomi digital Indonesia sangat menjanjikan untuk investasi karena Indonesia memiliki dasar yang kuat seperti populasi besar dengan pendapatan yang terus meningkat, dan ekosistem digital yang berkembang pesat.

Dilhan menambahkan hubungan Temasek dengan Indonesia melampaui kemitraan dalam berbisnis. Bulan Juli lalu, Temasek Foundation dan sekelompok donatur dari Indonesia dan Singapura memberikan lebih dari 12.000 oksigenator untuk Indonesia. “Sekarang dan dalam beberapa bulan mendatang, lebih banyak alat diagnostik, perangkat oksigen, dan Alat Pelindung Diri dikirim ke Indonesia," ujarnya.

Turut hadir dalam penganugerahan Adinata Award tersebut, Menteri Luar Negeri Singapura, Dr. Vivian Balakrishnan, dan Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi, dan Presiden dan Group CEO Sembcorp Industries (salah satu anak perusahaan Temasek), Wong Kim Yin.

Menlu kedua negara menyambut baik pemberian Adinata Award yang pertama kepada Temasek Holdings. Melalui investasi dan kemitraan perusahaan-perusahaannya di Indonesia, Temasek telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan dan pemulihan ekonomi Indonesia.

Kedua Menlu juga menyepakati peran penting Temasek dalam penguatan kerja sama kedua negara yang saling menguntungkan, termasuk dalam mengatasi tantangan bersama di tengah pandemi Covid-19.

Menlu RI mengapresiasi dukungan pemerintah dan masyarakat Singapura untuk upaya pemulihan pandemi di Indonesia. Menlu RI mengatakan Temasek merupakan bagian penting dalam upaya mengembangkan hubungan antar masyarakat dan kalangan bisnis kedua negara. “Saya berharap komitmen jangka panjang Temasek dalam mendekatkan masyarakat kita akan menjadi inspirasi bagi lebih banyak pihak," kata Menlu RI.

Menlu Singapura menyampaikan, “Saat ini, Temasek juga merupakan kontributor aktif terhadap perekonomian dan hubungan antar masyarakat antara Indonesia dan Singapura." Ia mengingat kembali semangat gotong royong dan saling bantu antara Indonesia dan Singapura, dalam menyikapi pandemi dan memenuhi kebutuhan kemanusiaan yang mendesak. Ia mengapresiasi semua mitra pemangku kepentingan yang terlibat dalam upaya tersebut baik di Indonesia maupun Singapura.

Sementara itu, Wong Kim Yin mengatakan Sembcorp Industries telah menjadi mitra investasi Indonesia sejak tahun 1990. Proyek Sembcorp di Indonesia antara lain pengembangan tiga kawasan industri di Indonesia yang mendatangkan investasi asing senilai 3,5 miliar dolar AS dan menciptakan lapangan kerja bagi hampir 100.000 orang dan penyediaan kebutuhan air minum bersih di Batam selama 25 tahun terakhir.

“Kami juga berfokus pada penyediaan energi hijau bagi masyarakat. Sembcorp memiliki 2.700 Megawatt aset pembangkit listrik terbarukan yang terpasang, dan akan bertambah hingga 10.000 Megawatt pada tahun 2025, dengan investasi lebih dari 5 miliar dolar Singapura", tambahnya.

Tahun ini merupakan yang pertama kali KBRI Singapura mengadakan penganugerahan Adinata Award. Penghargaan ini akan diberikan setiap tahun kepada individu atau institusi di Singapura yang berjasa dalam meningkatkan pemahaman dan hubungan yang lebih baik antara Indonesia dan Singapura.

Baca Juga


#Gan | KBRI Singapura

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "





"Prakiraan Cuaca Selasa 19 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS