Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, July 29, 2021

KBRI Bandar Seri Begawan Jajaki Peluang Kerja Sama Industri Pupuk dengan Brunei Darussalam


Kuala Belait(BRUNEI DARUSSALAM).BM- Peralatan kemaritiman dan penyewaan kapal angkut dari Indonesia mempunyai peluang untuk digunakan untuk oleh pabrik urea di Brunei Darussalam. Untuk itu, KBRI Darussalam melakukan pendekatan ke Brunei Fertilizer Industries (BFI) di Sungai Liang Industrial Park (27/07/2021).

“Peluang memasarkan peralatan maritime (maritime equipment) seperti fender, buoys, dan penyewaan kapal laut angkut terkait dengan rencana pengoperasian pelabuhan ekspor yang dimiliki Brunei Fertilizer Industries," kata Wakil Kepala Perwakilan RI KBRI Brunei Darussalam, Irwan Iding saat bertemu dengan CEO BFI.

CEO Brunei Fertilizer Industries menyampaikan apresiasi dan respon baik atas kunjungan, maupun penawaran kerja sama dengan Indonesia. Dengan akan dimulainya produksi BFI pada akhir tahun 2021, BFI menawarkan suplai pupuk urea sekiranya diperlukan tambahan suplai bagi Indonesia dalam rangka pengembangan program Food Estate, dengan menawarkan perdagangan langsung untuk penjualan pupuk urea ke Indonesia. Diinformasikan juga bahwa terdapat puluhan tenaga kerja asal Indonesia yang bekerja di BFI dan tidak menutup kemungkinan jumlah ini akan bertambah.

BFI dibangun sejak 2018 di lahan seluas 55 hektar dilengkapi dengan On-Shore Port, pelabuhan khusus untuk mengekspor pupuk urea ke berbagai negara dan direncanakan ekspor perdana pada akhir 2021 dengan kapasitas produksi 1,3 juta ton per tahun. Pabrik ini sepenuhnya dimiliki oleh Pemerintah Brunei dan merupakan bagian dari upaya diversifikasi ekonomi Brunei, khususnya di sektor industri hilir (downstream) migas. Pabrik ini akan menjadi salah satu terbesar di Asia Tenggara dan bagian dari proyek besar migas hilir di Brunei, selain Brunei Methanol Industry dan Refinery Oil.

Baca Juga


#Gan | KBRI Bandar Seri Begawan

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Sabtu 20 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS