Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Sunday, July 25, 2021

Angin Puting Beliung Landa Wilayah Permukiman Warga Kabupaten Batu Bara

Sejumlah rumah terdampak akibat angin puting beliung terjang wilayah permukiman warga di Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, pada Jumat (23/7). (BPBD Kabupaten Batu Bara)


Kab. Batu Bara(SUMUT).BM- Cuaca ekstrem berupa angin puting beliung menerjang sejumlah rumah warga Kecamatan Sei Balai dan Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, pada Jumat (23/7), pukul 05.00 WIB. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

Fenomena alam ini melanda enam desa yang tersebar di dua kecamatan, yaitu Desa Perkebunan Sei Bejangkar, Desa Benteng Jaya dan Desa Durian di Kecamatan Sei Balai. Desa terdampak lain yaitu Desa Bangun Sari, Desa Tanah Timbul dan Desa Sei Balai di Kecamatan Datuk Tanah Datar.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batu Bara menginformasikan sebanyak 50 KK terdampak, sedangkan sebanyak 50 unit rumah warga mengalami kerusakan dengan tingkat kerusakan yang berbeda akibat fenomena angin puting beliung ini.

Merespons kejadian tersebut, BPBD Kabupaten Batu Bara segera menuju ke lokasi terdampak untuk melakukan upaya penanganan darurat, seperti pendataan bersama aparat setempat. Pendataan ini termasuk menginvetarisasi jumlah dan tingkat kerusakan infrasturktur yang terdampak angin puting beliung.

Di samping itu, aparat dan masyarakat setempat bergotong royong untuk melakukan pemotongan atau pembersihan pohon-pohon tumbang yang menghalangi ruas jalan.

Masyarakat diharapkan tetap waspada dan siap siaga dalam menghadapi cuaca ekstrem di daerah setempat. Fenomena angin puting beliung dapat terjadi saat pergantian musim. Diimbau pula agar warga terus memantau perkembangan cuaca melalui situs resmi BMKG dan memantau potensi bahaya maupun risiko melalui inaRISK, serta mempersiapkan rencana kesiapsiagaan mulai dari ruang lingkup keluarga hingga kelurahan/kecamatan.(*)
 

Baca Juga

#Gan | BNPB

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 29 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS