Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, June 15, 2021

Raih Laba Bersih Rp 15,3 Triliun, Dewan Komisaris Apresiasi Kinerja Pertamina


JAKARTA.BM- Walau banyak menghadapi tekanan akibat terdampak pandemi Covid-19, PT Pertamina (Persero) mampu mencatat kinerja keuangan yang positif sepanjang tahun 2020.  Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan Pertamina yang membukukan laba bersih konsolidasian (Audited) sebesar USD1,05 Miliar atau sekitar Rp 15,3 triliun (Asumsi nilai tukar Rupiah selama tahun 2020 Rp 14.572).

Pjs Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman menjelaskan, kinerja keuangan positif  juga ditunjukkan dengan EBITDA sebesar USD7,6 Miliar dengan EBITDA Margin 18,3%. “Hal ini menunjukkan kondisi keuangan Pertamina aman dan mampu bertahan di tengah krisis ekonomi global,” jelas Fajriyah.

Menurut Fajriyah, kinerja 2020 Pertamina tersebut telah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham yang disampaikan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Selasa 14 Juni 2021.

Disebutkan, sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, Pertamina melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kinerja, sesuai dengan arahan Menteri BUMN, yaitu melakukan transformasi, optimasi, efisiensi, dan akuntabilitas secara konsisten di seluruh lini perusahaan sehingga pendapatan konsolidasian di akhir 2020 dapat mencapai USD41,47 Miliar.

Pada tanggal 25 Mei 2021 lalu, menurutnya, Pertamina telah menerima Laporan Auditor Independen 2020 yang disampaikan Akuntan Publik Purwantono, Sungkoro & Surja dengan opini bahwa laporan keuangan telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material. Dan sebagai Badan Usaha Milik Negara, laporan ini juga telah diperiksa oleh Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia.

Fajriyah menuturkan, kinerja keuangan positif yang ditorehkan Pertamina pada tahun 2020 akan menjadi acuan bagi seluruh jajaran manajemen perusahaan, baik di holding maupun sub holding dalam menetapkan dan menjalankan program kerja di tahun 2021.

“Pandemi Covid 19 belum usai, kinerja keuangan dan operasional 2020 menjadi positive driver untuk mewujudkan aspirasi pemegang saham menjadi perusahaan energi global di masa depan dengan nilai perusahaan mencapai USD100 Miliar,”jelas Fajriyah.

Sementara itu, Dewan Komisaris menyampaikan apresiasi atas capaian laba Pertamina pada tahun buku 2020. Hal itu dipaparkan Dewan Komisaris, Condro Kirono, dalam RUPS.

“Patut diapresiasi mengingat tahun 2020 bukan tahun yang mudah, tapi Pertamina bisa mencapai laba bersih konsolidasian USD1,05 Milyar atau 250% diatas target RKAP revisi 2020, yaitu USD419,8 juta” tegas Condro.(*)

Baca Juga

#Gan

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 18 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS