Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Monday, June 21, 2021

Lewat Aplikasi SI-BMN, Kemendagri: Tingkatkan Efektivitas, Transaparansi dan Akuntabilitas dalam Pengelolaan Barang Milik Negara


JAKARTA.BM- Dalam rangka meningkatkan efektivitas, transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) lingkup Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), telah dibuat Aplikasi Sistem Informasi Barang Milik Negara atau yang disebut dengan SI-BMN.

Kepala Biro Keuangan dan Aset Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemendagri Hani Syopiar Rustam mengatakan, SI-BMN merupakan aplikasi pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) terintegrasi yang menggabungkan prosedur ekspor data dari Simak BMN dan komputerisasi dalam rangka menghasilkan data transaksi untuk mendukung penyusunan neraca dan pelaporan BMN di satuan kerja Kemendagri.

“Aplikasi ini juga menghasilkan Daftar Barang, Laporan Barang, dan berbagai kartu kontrol yang berguna untuk menunjang fungsi pengelolaan BMN,” kata Hani, pada Senin (21/6/2021).

Ditambahkannya, pelaksanaan akuntansi BMN dibantu dengan perangkat lunak (software) SI-BMN yang memungkinkan penyederhanaan dalam proses manual dan mengurangi tingkat kesalahan manusia (human error) dalam pelaksanaannya.

“Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk pelacakan (tracking system) proses tindak lanjut dari permohonan yang telah diajukan oleh satuan kerja terkait pengelolaan BMN kepada Pengguna Barang (PB), serta penyajian profil aset Kemendagri yang dikelompokkan berdasarkan lokus satuan kerja dan berbasis peta Geographic Information System (GIS),” jelasnya.(*)
 

Baca Juga

#Gan | Kemendagri

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 28 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS