Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, June 10, 2021

Ketua DPD RI Ajak Masyarakat Jaga Ekosistem Laut


Magetan(JATIM).BM- Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengajak masyarakat merayakan Hari Laut Dunia, atau World Ocean Day, dengan menjaga ekosistem laut. World Ocean Day diperingati setiap tanggal 8 Juni.

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan, masyarakat harus peduli terhadap kelestarian laut. Karena, laut sangat penting bagi kehidupan manusia.

"Dengan melestarikan alam laut, berarti kita telah melestarikan setengah ekosistem di bumi. Sebab, luas laut separuh dari daerah bumi. Maka kita harus meningkatkan kesadaran untuk menjaga laut," tutur LaNyalla di sela-sela kunjungan kerjanya di Magetan, Jawa Timur, Kamis (10/6/2021).

Menurutnya, laut juga berfungsi sebagai pengatur suhu di bumi. Sebab laut mampu membawa udara panas dari khatulistiwa menuju kutub.

LaNyalla menambahkan, banyak hal yang didapatkan manusia dari keberadaan laut.

"Laut juga menghasilkan 70% oksigen yang dibutuhkan manusia. Belum lagi kehidupan yang diberikan laut untuk kita. Mulai dari menyediakan sumber makanan bagi manusia, hingga keindahannya baik di pantai maupun di dasar laut yang mempesona. Selain itu, laut juga menjadi jalur pelayaran untuk perdagangan internasional," tuturnya.

Sayangnya, ekosistem laut semakin terancam akibat adaya polusi global hingga konsumsi ikan yang berlebihan.

"Kita tahu ada banyak permasalahan yang merusak ekosistem laut. Mulai dari kebiasaan manusia yang tidak disiplin hingga membuat kotor laut, termasuk juga banyaknya perusahaan yang membuang limbah bekas produksi. Maka saya mengajak seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah di pantai dan laut. Karena kehidupan ekosistem di dalamnya terancam," papar LaNyalla.

Mantan Ketua Umum PSSI ini juga menyesalkan masih adanya orang tidak bertanggungjawab yang menggunakan pukat harimau dan bom untuk mencari ikan.

"Saya juga meminta agar Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan aparat tegas terhadap pelaku yang merusak laut, termasuk bagi mereka yang menangkapi hewan laut langka," tegasnya.

LaNyalla pun mengimbau masyarakat untuk melindungi hewan laut yang terancam punah. Selain itu, Ketua DPD RI menyerukan agar banyak dilaksanakan aktivitas penanaman kembali terumbu karang. (*)
 

Baca Juga

#Gan | MC PPWI

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 18 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS