Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Saturday, June 26, 2021

KBRI Bratislava Buka Peluang Dagang Indonesia - Slowakia


Bratislava(SLOWAKIA).BM- “Business without Boundary: Expanding Market Access for Indonesian and Slovak Businessmen" merupakan tema yang diusung dalam pertemuan bisnis tahunan Indonesia – Slowakia 2021(24/06/2021). Pertemuan tersebut diselenggarakan oleh KBRI Bratislava yang dihadiri oleh pejabat Pemerintah kedua negara, pelaku usaha Slowakia serta pengusaha Indonesia secara daring.

Kegiatan ini merupakan pertemuan ketiga yang bertujuan untuk membangun jembatan antara pengusaha kedua negara, khususnya di sektor perdagangan dan investasi. Tahun ini juga diadakan pertemuan one-on-one business matching secara hybrid antara 6 pengusaha Slowakia dan Indonesia. Para pengusaha berasal dari sektor food and beverages, seperti makanan kaleng, kopi, teh, termasuk produk bio dan halal, perlengkapan pertahanan serta dari sektor tenaga kerja. Dari ke-enam pertemuan business matching ini, 3 perusahaan asal Slowakia sepakat untuk menindaklanjuti hasil business matching ini dalam waktu dekat. Pelaksanaan business matching ini merupakan salah satu tindak lanjut dari kegiatan Virtual Business Clinic yang diselenggarakan oleh KBRI Bratislava pada 9 Juni 2021 untuk para pelaku UMKM Indonesia untuk menembus pasar Slowakia.

Besar RI di Bratislava, Slowakia, Ibu Duta Besar Adiyatwidi Adiwoso A., menyampaikan bahwa Slowakia merupakan mitra dagang Indonesia di Kawasan Eropa Tengah dan berpotensi menjadi hub pasar Indonesia di Kawasan Eropa Tengah dan Timur. Secara geografis, Slowakia memiliki letak yang sangat strategis karena berada di “The Heart of Europe". Sebaliknya, Indonesia dapat menjadi hub pasar Slowakia di Kawasan ASEAN dan Pasifik. Meskipun hingga saat ini sudah ada hubungan perdagangan, namun dipandang masih terdapat ruang dan kesempatan untuk peningkatan hubungan yang tidak terbatas pada beberapa sektor, namun perlu juga peningkatan pada angka perdagangan.

Kegiatan annual business lunch ini juga merupakan kick off meeting untuk pelaksanaan kegiatan Indonesia – Central Europe Countries (INA-CEE) Business Forum yang diselenggarakan oleh Kemlu RI pada 14 Juli 2021 secara hybrid guna meningkatkan hubungan ekonomi Indonesia – Eropa Tengah dan Timur

Pembicara kunci dari Slowakia, Direktur Jenderal Kerja Sama Ekonomi Kemlu Slowakia, Duta Besar Dusan Matulay mengapresiasi pertemuan tahunan ini dengan para pengusaha Slowakia yang tertarik dengan Indonesia. Meskipun dalam masa pandemi, perdagangan antara Indonesia – Slowakia masih relatif stabil dimana Indonesia mengalami surplus. Diuraikan bahwa kerja sama Indonesia – Slowakia dapat dikembangkan di beberapa sektor seperti teknologi informasi, alat kesehatan, jasa, pangan (gandum), dan lain-lain. Forum semacam ini perlu terus didukung oleh para pengusaha Slowakia.

Pada kesempatan ini, KBRI Bratislava mengundang 2 (dua) pembicara, yakni Didi Sumedi, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Kemendag RI, yang memberikan pemaparan terkait produk potensial Indonesia di Slowakia serta Sri Endang Novitasari, Direktur Promosi Sektoral Kemeninves RI yang menjelaskan terkait prioritas dan peluang investasi di Indonesia yang dapat dikerjasamakan dengan Slowakia.

Baca Juga


#Gan | KBRI Bratislava

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 18 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS