[DISINFORMASI] Al Quran Cetakan Terbaru Tidak Terdapat Surah Al Maidah Ayat 51 s/d 57 - Benang Merah News

Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_36.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_25.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Thursday, June 3, 2021

[DISINFORMASI] Al Quran Cetakan Terbaru Tidak Terdapat Surah Al Maidah Ayat 51 s/d 57


Benangmerahnews.com
| SUMBAR- Beredar pesan-pesan berantai di media sosial WhatsApp yang juga diedarkan di Facebook mengenai informasi Al Quran cetakan terbaru. 
 
Informasi ini menyertakan gambar dari dua buah Al Quran yang disebut cetakan terbaru dan dikatakan palsu menggunakan sampul mushaf Almumayyaz dan mushaf Al Quran dengan panduan wakaf & ibtida. 
 
Pada gambar dengan sampul bertulisan Almumayyaz, pesan tersebut mengatakan terdapat 4 surah palsu ciptaan kafir laknatullah, yaitu Al-Iman, Al-Wasgaya, Al-Tasajud, dan Al-Musliin. Sedangkan pada gambar dengan sampul bertulis waqaf dan ibtida, dikatakan bahwa Al Quran yang diterbitkan Suara Agung tidak terdapat Surah Al Maidah ayat 51 s/d 57 yang sengaja dihilangkan.

"Berdasarkan penelusuran, informasi ini adalah informasi tidak benar yang disebarkan kembali."
 
Apabila ditinjau pada informasi 4 surah palsu tersebut merupakan nama-nama surah ngawur yang pernah beredar pada tahun 2016. 
 
Dikutip dari bontangpost.id, pihak Jawa Pos sudah menghubungi penerbit Cipta Bagus Segara yang menerbitkan mushaf Almumayyaz yang sampulnya digunakan untuk menyebarkan informasi tidak benar ini. 
 
Manajer Produksi Penerbit Cipta Bagus Segara Imam Ghazali Masykur heran hoax tersebut belakangan menyebar kembali. ’’Dua minggu terakhir ini, kami juga merasakan isu hoax itu berembus kembali,’’ ujarnya. 
 
Pihaknya sendiri sudah mengirimkan klarifikasi kepada Jawa Pos yang menyatakan bahwa informasi 4 surat palsu pada mushaf Almumayyaz adalah berita bohong dan fitnah. Menurut Imam, semua konten (seperti khat, terjemah, nama, dan urutan surah) di dalam mushaf Almumayyaz sudah melewati pemeriksaan dan pengesahan dari Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran (LPMQ) Kementerian Agama. ’’Mushaf-mushaf terbitan CBS lainnya sudah melewati mekanisme serupa,’’ katanya.

Adapun pada gambar kedua mengenai Al Quran yang diterbitkan Suara Agung tidak terdapat Surah Al Maidah ayat 51 s/d 57 merupakan informasi yang disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab pada tahun 2017 silam. 
 
Penerbit Suara Agung sendiri telah membuat klarifikasi, dimana hilangnya Surah Al Maidah ayat 51 s/d 57 terjadi karena kekeliruan cetakan. 
 
Dikutip dari Kumparan, Manajemen PT Suara Agung dalam keterangan tertulisnya menjelaskan bahwa kekeliruan cetakan Al-Quran yang viral di media sosial itu, terjadi karena kekhilafan pihak penerbit. Surat yang dianggap hilang oleh para pembacanya itu, menurut pihak manajemen, berada di halaman lain dalam Al-Quran itu. 
 
"Terjadi kekeliruan semata karena human error tanpa ada unsur kesengajaan. Kekeliruan itu adalah penempatan isi pada halaman 113 sampai 117 dalam proses pencetakan. Sehingga Surat Al-Maidah ayat 51 sampai 57 yang harusnya ada di halaman 117, tercetak pada halaman 113," ujar manajemen penerbit dalam rilis tanggal 24 Mei 2017.
 

Baca Juga

#Gan | Kemkominfo

No comments:

Post a Comment

“Sambutan Presiden Joko Widodo dalam Penyerahan DIPA&Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah&Dana Desa 2022, Senin (29/11/2021)”


“MENGAPA 10 NOVEMBER DIPERINGATI SEBAGAI HARI PAHLAWAN?”


"BAHAYA MASIH MENGANCAM"



"BOFET HARAPAN PERI"



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS