Extension Office KBRI Kyiv di Tbilisi, Georgia - Benang Merah News

Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_36.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_25.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Thursday, May 27, 2021

Extension Office KBRI Kyiv di Tbilisi, Georgia


Tbilisi(GEORGIA).BM- Duta Besar RI-Kyiv, Yuddy Chrisnandi telah melakukan kunjungan kerja ke Tbilisi, Georgia (24-27/05/2021). Salah satu agenda utama pada kunjungan ke salah satu negara akreditasi KBRI Kyiv tersebut antara lain pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri Georgia, Mr. Aleksander Khvtisiashvili, yang didampingi Direktur Asia dan Pasifik, Mr. David Kereselidze.

Pada pertemuan tersebut, kedua pihak antara lain membahas upaya saling dukung antara Pemerintah RI dengan Georgia di berbagai badan internasional. Kedua pihak menilai saling dukung tersebut sangat diperlukan dan akan memperkuat solidaritas antar negara dalam menangani isu global yang ada.

​Dalam kesempatan tersebut, pihak Georgia menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemerintah RI di berbagai forum internasional termasuk PBB khususnya atas integritas Pemerintah Georgia di bidang politik dan keamanan. Sebagaimana diketahui bersama, Georgia memiliki isu perbatasan dan wilayah sengketa dengan Rusia atas wilayah Abkhasia dan Ossetia Selatan.

Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan Duta Besar RI untuk menyampaikan mengenai penugasan seorang staf KBRI Kyiv setingkat Minister Counselor, Baskara Pradipta, untuk mulai bertugas di the Extension Office of the Embassy of the Republic of Indonesia berkedudukan di Tbilisi. Pihak Georgia sangat menyambut baik langkah ini dan dinilai sebagai langkah penting Indonesia dalam meningkatkan potensi kerja sama Indonesia dengan Georgia dan kawasan

Dibahas pula implementasi kerja sama ekonomi dan perdagangan kedua pihak dimana tercatat nilai total nilai perdagangan bilateral tahun 2020 mencapai sekitar USD 49,84 juta, dengan surplus bagi Indonesia senilai USD 40,90 juta. Disampaikan pula bahwa Indonesia menilai peran Georgia di kawasan semakin meningkat, untuk itu Indonesia berkepentingan untuk mendorong realisasi peningkatan kerja sama ekonomi khususnya membuka pasar Georgia sebagai hub kerja sama bilateral di kawasan.

Kedua pihak juga bertukar pandangan mengenai perkembangan penanganan pandemi COVID-19 dan kesepakatan awal mengenai keinginan kedua pihak untuk menjajaki kerja sama dalam memperoleh ataupun pengembangan vaksin COVID-19. Kedua pihak mencatat bahwa Indonesia saat ini tengah melakukan pengembangan vaksin “Merah Putih" yang dikembangkan Bio Farma, ataupun pengembangan vaksin “Nusantara".(*)

Baca Juga


#Gan | KBRI Kyiv

No comments:

Post a Comment

“Pengaturan Perjalanan Dalam Negeri Seiring Pelandaian Covid-19”
"BAHAYA MASIH MENGANCAM"



"BOFET HARAPAN PERI"



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS