Menparekraf Sandiaga Uno Lakukan Pencanangan Pariwisata Halal Di Pantai Carocok Painan - Benang Merah News

Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19"
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_36.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_25.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Saturday, April 24, 2021

Menparekraf Sandiaga Uno Lakukan Pencanangan Pariwisata Halal Di Pantai Carocok Painan


Pessel(SUMBAR).BM- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno berkunjung ke Pantai Carocok Painan, Jumat (23/4). Pada kesempatan itu menteri juga melakukan pencanangan pariwisata halal.

Sandi begitu sapaan akrabnya sangat mengagumi keindahan Pantai Carocok Painan yang kini telah dibangun pula masjid terapung.

"Untuk mendukung pariwisata halal, maka harus dilengkapi dengan sarana dan prasarana rumah ibadah yang nyaman, bersih dan tertata dengan baik. Keberadaan masjid terapung diharapkan mampu menjadi salah satu daya tarik wisatawan ke Pesisir Selatan," katanya.

Disebutkan, Pantai Carocok menjadi salah satu objek wisata unggulan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, bahkan turis mancanegara.

Akan tetapi, ia mengingatkan agar wisatawan dan pengelola wisata tetap mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan penularan Covid-19.

"Saya meminta pemerintah daerah agar terus membenahi serta pengembangan potensi wisata Pantai Carocok. Karena, selain memiliki keindahan alam, di kawasan ini juga terdapat situs bersejarah yaitu Benteng Portugis di Pulau Cingkuak. Situs tersebut juga menjadi icon pariwisata," katanya.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menjelaskan, Pantai Carocok Painan adalah icon pariwisata keluarga di pusat ibukota kabupaten dan kebanggaan masyarakat Pesisir Selatan.

Lanjut bupati, Pemkab Pesisir Selatan telah berupaya mempercantik kawasan ini dari waktu ke waktu. Ke depan pemerintah daerah berencana melakukan pengembangan amenitas dan atraksi di Pulau Cingkuak dengan memperkuat daya tarik wisata sejarah dan budaya, karena Pulau Cingkuak adalah benteng portugis pada masa lalu yang memiliki rekatan sejarah sangat kuat dengan Kabupaten Pesisir Selatan bahkan pantai barat Sumatera.

Rencana pengembangan juga akan dilakukan di Pulau Semangki, pulau yang bersebelahan dengan Pulau Cingkuak. Dokumen perencanaanya sudah selesai.

"Kedua pulau ini adalah pulau yang telah dimiliki atau dikuasai oleh pemerintah daerah. Harapan kami, dengan terbatasnya keuangan daerah, apalagi pandemi Covid-19 masih menjadi prioritas utama pengalokasian anggaran, maka kedatangan bapak menteri di Pantai Carocok Painan ini kami harapkan menjadi solusi bagi percepatan pembangunan kawasan Pantai Carocok ini," harap bupati. (*)

Baca Juga

#Gan | Humas Pessel

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS