Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Wednesday, February 24, 2021

Ketua TP PKK Jatim Apresiasi Penerapan Prokes Posyandu di Kediri


Kediri(JATIM).BM- Ketua Tim Penggerak PKK Prov. Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak memuji dan mengapresiasi pelaksanaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang diterapkan di Posyandu Semangka di Desa Brenggolo, Plosoklaten dan Taman Posyandu Sentosa di Kab. Kediri.

Kedua posyandu tersebut dinilai telah menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat di masa pandemi Covid-19 dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

"Saya mengapresiasi posyandu di Kediri yang tetap melaksanakan pemantauan gizi dan tumbuh kembang anak kita dengan menerapkan Prokes secara ketat. Saya gembira melihat semua ibu yang datang di cek terlebih dahulu suhu tubuhnya dan orang tua serta anak wajib menggunakan masker bahkan face shield setibanya di posyandu," ujar Arumi Bachsin Emil Dardak saat meninjau Bulan Timbang di Posyandu Semangka, Brenggolo dan Taman Posyandu Sentosa Kab. Kediri, Selasa (23/2).

Ia menuturkan, penimbangan badan dan pengukuran lingkar kepala adalah salah satu langkah awal untuk membentuk generasi Indonesia yang sehat. Tak hanya itu, lewat langkah tersebut juga untuk mendeteksi awal apakah ada potensi gizi buruk atau stunting.

Arumi sapaan akrabnya mengatakan, perkembangan gizi dan tumbuh kembang seorang anak tidak bisa lagi ditunda akibat pandemi Covid-19. Setiap detik, menit dan hari proses tumbuh kembang anak harus dipantau. Mulai dari berat badan hingga tinggi anak berdasarkan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

Untuk itu, sebut Arumi, para orang tua, baik ayah dan bunda harus mengetahui pentingnya perkembangan seorang anak agar mengetahui apakah anak mereka masuk kategori gizi buruk atau stunting.

Jika nantinya ditemukan stunting atau gizi buruk pada anak, maka posyandu akan memantau dan melakukan pendampingan secara berkala kepada anak agar gizi anak bisa kembali sehat.

"Pertumbuhan anak kita tidak bisa ditunda juga tidak bisa dihentikan. Jadi terus berkembang setiap detiknya. Bahkan, usia emas tumbuh kembang anak terjadi pada usia 0-2 tahun," terangnya.

Istri Wagub Jatim itu menjelaskan, Bulan Timbang biasanya dilakukan pada dua kali dalam setahun. Yakni pada Februari dan Agustus. Untuk itu dirinya berharap, di momen Bulan Timbang kali ini, anak-anak Jatim semakin sehat dan tidak ada yang masuk kategori gizi buruk.

Masih menurut Arumi, penimbangan merupakan langkah awal dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Penimbangan yang rutin dilakukan setiap bulan bertujuan untuk mengetahui atau mendeteksi dini apakah bayi/balita dalam kondisi sakit atau tidak.

"Termasuk apakah sudah mendapatkan kelengkapan Imunisasi dan mendapatkan penyuluhan gizi," jelasnya.

Dalam Bulan Timbang kali ini, Arumi bersama Pengurus TP PKK Prov. Jatim dan Kab. Kediri meninjau Posyandu Semangka di Desa Brenggolo, Plosoklaten Kab. Kediri yang melaksanakan Bulan Timbang kepada 77 anak. Sementara Taman Posyandu Sentosa melaksanakan posyandu sebanyak 66 anak. Di kedua posyandu tersebut, terbagi dari beberapa gelombang. Setiap gelombang dibatasi 7 anak secara bergiliran (*).
 

Baca Juga

# Gan | Humas Jatim

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 29 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS