Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, January 12, 2021

Banjir Rendam Dua Kecamatan di Kota Solok Selatan, Sumbar

Banjir di Kota Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat pada Selasa (12/1) pukul 17.00 WIB. (foto; BPBD Kota Solok)

Solok Selatan(SUMBAR).BM- Banjir merendam dua kecamatan di Kota Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat yang disebabkan hujan dengan intensitas tinggi pada Senin (11/1) pukul 23.30 WIB dengan tinggi muka air 100 sampai 150 sentimeter.

Dua kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Lubuak Sikarah dengan lima kelurahan terdampak yakni Kelurahan Kampai Tabu Karambil, IX Suku, Sinapa, Aro IV Kosong dan Tanah Garam.

Selanjutnya Kecamatan Tanjung Harapan dengan tiga kelurahan terdampak, antara lain Kelurahan Nan Balimo, Tanjung Paku dan Koto Panjang.

Berdasarkan data per 12 Januari 2021 pukul 17.00 WIB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok mencatat 9.796 unit rumah terdampak dan masyarakat yang mengungsi masih dalam proses pendataan.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Solok melakukan kaji cepat dan bersama dengan TNI – POLRI, Tagana, PMI serta instansi terkait lainnya melakukan evakuasi korban dan berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Sumatera Barat dalam percepatan penanganan bencana yang terjadi.

Menurut pantauan Pusat Pengendali Operasi BNPB, banjir mulai berangsur surut dengan tinggi muka air 25 sampai 50 sentimeter. Saat ini tim gabungan bergotong royong dalam melakukan pembersihan lumpur pascabanjir.

BPBD Kota Solok juga mendata beberapa kebutuhan mendesak yang dibutuhkan masyarakat terdampak seperti sandang, pangan, terpal, matras, selimut dan peralatan dasar kebencanaan.

Berdasarkan pantauan BMKG, Sumatera Barat berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Dilihat dari InaRISK, Kota Solok merupakan salah satu kawasan yang memiliki resiko banjir dengan kategori sedang – tinggi dengan dua kecamatan yang memiliki potensi bahaya banjir.(*)

Baca Juga

 
# Gan | BNPB

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 18 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS