Ditjen Adwil Kemendagri Gelar Rakor Refleksi Akhir Tahun dan Proyeksi Kesiapan 2021 - Benang Merah News

Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19"
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_36.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_25.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Thursday, December 31, 2020

Ditjen Adwil Kemendagri Gelar Rakor Refleksi Akhir Tahun dan Proyeksi Kesiapan 2021


JAKARTA.BM- Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Refleksi Akhir Tahun 2020 dan Proyeksi Kesiapan 2021 Sat Pol PP, BPBD Damkar, Camat, dan Lurah seluruh Indonesia. Rakor diselenggarakan pada Rabu (30/12/20) secara virtual dan disiarkan melalui live Youtube streaming dengan tautan https://www.youtube.com/watch?v=FsqFVPuQVwg

Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA mengatakan, Rakor diselenggarakan untuk mendukung penuh kebijakan dan program Pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Dalam kesempatan itu,  Safrizal menekankan bahwa pencapaian konstruktif di tahun 2020 harus dipertahankan, paralel dengan upaya untuk terus meningkatkan kinerja di Tahun 2021, termasuk konsistensi kesiapsiagaan aparat kewilayahan dalam menghadapi beberapa hal yang akan menjadi eskalasi," ujarnya.

"Untuk mengantisipasi libur tahun baru, perlu dilakukan pengecekan kesiapsiagaan personel dan peralatan Satpol PP, BPBD dan Damkar, termasuk antisipasi pencegahan kerumunan maupun kedaruratan bencana," imbuhnya.

Tak hanya itu, ia juga meminta untuk mengantisipasi penularan mutasi baru virus Covid-19. "Sejalan dengan hasil Ratas Kabinet untuk menutup seluruh perbatasan dari luar negeri, baik darat, laut dan udara terhitung mulai 1 Januari - 14 Januari 2021, khususnya Camat, Lurah dan aparat kewilayahan di Kawasan Perbatasan," tandasnya.

Terkait penanganan Covid-19, Safrizal juga meminta para peserta Rakor untuk memberikan dukungan terhadap vaksinasi Covid-19. "Mobilisasi aparat kewilayahan, Satpol PP dan Satlinmas, BPBD, Damkar, Camat dan Lurah untuk pengkondisian lapangan, PAM Puskesmas/Posyandu/Tempat Imunisasi yang ditunjuk serta atensi untuk obyek vital dari berbagai ancaman termasuk kebakaran, seperti Laboratorium, tempat penyimpanan (storage) vaksin dll," katanya.

Dalam hal ini, pihaknya, Ditjen Bina Adwil Kemendagri menegaskan akan terus melakukan Kordinasi Pembinaan dan Pengawasan (Korbinwas) Umum untuk mengawal penanganan Covid-19 dalam perspektif Kewilayahan.

"Ini tentu dengan menekankan peran Camat dan Lurah sebagai simpul kewilayahan untuk terus menerus mensosialisasikan dan menkomunikasikan kepada Masyarakat terkait kesiapan Vaksinasi dan meningkatkan produktifitas ekonomi. Mencermati hal tersebut, Ditjen Bina Adwil akan terus melakukan koordinasi secara intensif, baik antar Kementerian/Lembaga dan termasuk jajaran pemda, memastikan seluruh aparatur kewilayahan mulai dari Satpol PP, BPBD, DAMKAR, Camat & Lurah Se-Indonesia bekerja _All Out_ dalam penanganan Covid-19 di tahun 2021," pungkasnya.

Rakor diikuti oleh lebih dari 1000 partisipan meliputi; Kasatpol PP Provinsi/Kabupaten/Kota Se-Indonesia, Kalakhar BPBD Provinsi/Kabupaten/Kota Se- Indonesia, Kadis Damkar Provinsi/Kabupaten/Kota Se-Indonesia, Camat Se- Indonesia, Lurah Se- Indonesia, serta seluruh aparatur kewilayahan, termasuk Sat Linmas dan Relawan Pemadam Kebakaran.

Baca Juga

 
# Redkar | Puspen Kemendagri

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS