Pidato Presiden di Ratas mengenai Laporan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional - Benang Merah News

Breaking

JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_36.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_53.html
COVID-19 DI INDONESIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_25.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Tuesday, October 13, 2020

Pidato Presiden di Ratas mengenai Laporan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional




Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pagi hari ini yang berkaitan dengan COVID-19 dan ekonomi, saya ingin menyampaikan beberapa hal. Yang pertama, mengenai data yang saya terima, ini per 11 Oktober, rata-rata kasus aktif COVID-19 di Indonesia, ini 19,97 persen. Saya kira bagus, karena ini lebih rendah dari rata-rata COVID-19, kasus aktif COVID-19 dunia yang mencapai 22,1 persen. Kita lebih baik. Dan juga lebih baik dari rata-rata kasus aktif kalau kita lihat di 27 September 2020 yang lalu yang mencapai 22,46 (persen). Jadi penurunannya kelihatan sekali, dari 22,46 (persen) menjadi 19,97 (persen).

Yang kedua, juga rata-rata kesembuhan, ini per 11 Oktober (2020), mencapai 76,48… 76,48 persen, dan ini sudah lebih baik dari rata-rata angka kesembuhan dunia yang mencapai 75,03 persen. Ini juga sudah lebih baik. Karena itu, angka rata-rata kesembuhan harus terus diperbaiki, terus ditingkatkan dengan meningkatkan standar pengobatan baik di rumah sakit, di ruang ICU, maupun di tempat-tempat isolasi.

Dan kita juga sudah bisa menekan angka rata-rata kematian meski masih di angka, masih di atas (rata-rata) dunia, di 3,55 persen. Ini lebih baik dibandingkan dua minggu yang lalu yang berada di angka 3,77 persen. Namun, masih lebih tinggi sekali lagi dari rata-rata kematian dunia yang berada di angka 2,88 persen. Ini saya kira tugas besar kita ada di sini, bagaimana angka rata-rata kematian ini bisa ditekan terus.

Kemudian yang penting juga menekan terus kasus-kasus positif dengan terus menyampaikan mengenai pentingnya kedisiplinan terhadap protokol kesehatan. Saya mencatat dari angka-angka yang ada Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sulawesi Selatan menunjukkan perbaikan dalam pengendalian pandemi COVID-19. Saya kira ini bisa dijadikan contoh provinsi-provinsi yang lain dan saya minta tetap yang 8 provinsi prioritas itu dimonitor secara ketat. Kemudian testing, tracing, dan treatment-nya terus diperbaiki sehingga gap antara provinsi yang satu dengan provinsi  yang lain, terutama mengenai testing bisa kita kejar dengan baik.

Saya juga minta ini dua minggu ke depan ini diprioritaskan untuk 12 kabupaten/ kota yang memiliki kasus aktif lebih dari 1.000 yang menyumbang 30 persen dari total kasus aktif nasional, yaitu di Kota Ambon, Jakarta Utara, di (Kabupaten) Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Jayapura, Kota Padang, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Kota Pekanbaru, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Yang kelima, untuk roadmap pemberian vaksin minggu ini saya minta secara khusus dipaparkan sehingga jelas apa yang akan kita lakukan.

Kemudian, untuk proses pemulihan ekonomi. Sampai dengan 7 Oktober, saya mencatat realisasi anggaran, ini khusus realisasi anggaran untuk klaster bantuan sosial ini sudah mencapai 66 persen, UMKM mencapai 76 persen, dan untuk klaster tambahan subsidi energi sudah sampai pada angka 94 persen.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan sebagai pengantar.
Terima kasih.
 

Baca Juga

 
# Gan | BPMI Setpres

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS