Tangani Dampak Banjir, Pemprov Kalteng Distribusikan Bantuan Sembako Melalui Jalur Udara - Benang Merah News

Breaking

JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_36.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_53.html
COVID-19 DI INDONESIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_25.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Thursday, September 17, 2020

Tangani Dampak Banjir, Pemprov Kalteng Distribusikan Bantuan Sembako Melalui Jalur Udara

 
Palangka Raya(KALTENG).BM- BIRO PKP. Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menegaskan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus mengintensifkan penyaluran Sembako kepada warga terdampak banjir dan terisolir di sejumlah kabupaten. Pemerintah Provinsi Kalteng juga akan mengirimkan bantuan kesehatan untuk penanganan pascabanjir termasuk pemberian makanan bergizi kepada ibu hamil, anak-anak dan bayi.

Penyaluran Sembako dan bantuan kesehatan ke sejumlah daerah terisolir akibat banjir dilakukan melalui udara menggunakan helikopter BNPB. “Kita akan menggunakan jalur darat dan sungai kalau bisa dilewati. Untuk daerah-daerah terisolir, bagaimana agar helikopter BNPB dapat digunakan seijin Kepala BNPB dan Menteri KLH,” ungkap Gubernur Sugianto Sabran ketika menyerahkan bantuan Sembako tersebut di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Kamis pagi (17/9/20).

Bantuan Sembako itu selanjutnya didistribusikan kepada 1.369 kepala keluarga yang tersebar di Kecamatan Sanaman Mantikei, Katingan Hulu dan Kecamatan Marikit Kabupaten Katingan menggunakan helikopter BNPB. Selain Kabupaten Katingan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga mendistribusikan Sembako kepada 557 kepala keluaraga terdampak banjir di Kecamatan Mandau Telawang Kabupaten Kapuas dan 15 kepala keluarga di Kecamatan Permata Intan Kabupaten Murung Raya.

Seluruh warga terdampak banjir di tiga kabupaten tersebut yang menerima bantuan Sembako dari Pemerintah Provinsi Kalteng itu tercatat 1941 kepala keluarga. “Pada tahap awal akan kita siapkan 20 ribu paket bantuan. Namun bisa berlanjut bila banjirnya lama. Kita memperkirakan banjir bisa ditangani dalam 15 hari," jelas Sugianto Sabran.

Kalaupun ada dampak luar biasa dalam waktu yang lebih lama, Gubernur menegaskan pemerintah tetap memberikan bantuan Sembako dan kesehatan untuk kebuituihan sehari-hari meskipun ada dampak luar biasa dalam waktu yang lebih lama. "Karena hal itu sudah menjadi kewajiban pemerintah sesuai UUD 1945. Negara wajib hadir kalau rakyatnya susah. Rakyat miskin dan sebagainya wajib dipelihara negara," pungkasnya..

Gubernur Sugianto Sabran bersama Wagub Habib Ismail Bin Yahya dijadwalkan meninjau beberapa wilayah yang dilanda banjir di Kabupaten Katingan, Kapuas dan Kabupaten Gunung Mas menggunakan helikoter pada Jumat (18/9/20).

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga telah mendistribusikan bantuan Sembako kepada warga terdampak banjir di Kabupaten Lamandau, Seruyan dan Kabupaten Kotawasringin Timur.///
 
 

Baca Juga

# Gan | Humas Kalteng

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS