Royalti Sektor Pertambangan Kalteng 2020 Diharapkan Lampaui Target - Benang Merah News

Breaking

JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_36.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_53.html
COVID-19 DI INDONESIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_25.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Wednesday, September 23, 2020

Royalti Sektor Pertambangan Kalteng 2020 Diharapkan Lampaui Target



Palangka Raya(KALTENG).BM- Sektor usaha pertambangan di Kalimantan Tengah  secara perlahan namun pasti mulai menunjukkan optimisme dan gairah kembali bangkit setelah beberapa bulan sempat mengalami kelesuan akibat Covid-19.

Bangkitnya usaha sektor pertambangan ini berkorelasi positif terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kalimantan Tengah tahun 2020 yang bersumber dari royalti. Royalti sektor pertambangan Kalteng 2020 ditargetkan Rp.987 miliar, namun realisasinya hingga akhir Agustus melampaui target yakni mencapai Rp. 1,2 triliun.

“Pemprov Kalteng terus melakukan monitoring dan pemantauan terhadap aktifitas pertambangan. Alhamdulillah berkat doa dan dukungan masyarakat serta kerja keras Dinas ESDM, sampai akhir Agustus 2020 sudah mencapai Rp.1,2 triliun. Mudah-mudahan sampai akhir tahun nanti bisa mencapai Rp.2 triliun,” terang Gubernur Kalteng Sugianto Sabran kepada awak media seusai membuka Rakor Pemerintahan Desa se-Kalteng melalui video conference di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (22/9/20).

Sugianto Sabran menjelaskan penerimaan royalti dari sektor pertambangan sejak dirinya menjadi Gubernur Kalimantan Tengah tahun 2016 hingga 2019 terus meningkat dan berkontribusi signifikan  terhadap APBD  Kalimantan Tengah selama empat tahun terakhir.

Kontribusi royalti sektor pertambangan terhadap APBD Kalteng itu menjadi salah satu energi positif untuk meningkatkan program pembangunan di berbagai sektor prioritas. “Peningkatan APBD Kalteng maupun APBD Kabupaten/Kota membuat Pemda dapat mengalokasikan dana untuk program peningkatan  kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan program pembangunan lainnya yang berpihak kepada kepentingan masyarakat,” kata Sugianto Sabran.

Sugianto Sabran saat membuka Rapat Koordinasi Pemerintahan Desa se-Kalteng juga mengungkapkan komitmennya terhadap pembangunan pedesaan agar seluruh desa di Kalteng  pada tahun 2024 mampu menjadi desa maju dan mandiri.

Karena itu para bupati/wali kota  diminta bersinergi dengan pemerintah provinsi  dalam rangka mengentaskan desa-desa yang masih tertinggal menuju desa maju dan mandiri 2024. Para pendamping desa juga diharapkan membantu Kepala Desa dalam mengelola dana desa sesuai ketentuan yang berlaku sehingga dana desa tidak mubazir, namun bermanfaat bagi kemajuan  dan kesejahteraan masyarakat desa.///
 

Baca Juga

 
# Gan | Humas Kalteng

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS