Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Wednesday, September 23, 2020

Presiden Jokowi Ingatkan Penyediaan Cadangan Pangan Nasional Antisipasi Pandemi Covid-19

Presiden saat menyampaikan arahan pada Rapat Terbatas melalui Video Conference mengenai Lanjutan Pembahasan Food Estate, Rabu (23/9) di Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta. (Foto: Humas/Ibrahim)

JAKARTA.BM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa penyediaan cadangan pangan nasional adalah agenda strategis yang harus dilakukan dalam rangka mengantisipasi kondisi krisis pangan akibat pandemi Covid-19, yang sudah berkali-kali diingatkan oleh FAO (Food and Agriculture Organization) terkait krisis pangan dunia.

“Hal ini juga untuk mengantisipasi perubahan iklim, serta juga tidak kalah pentingnya adalah mengurangi ketergantungan kita pada impor pangan. Ini penting,” tutur Presiden saat menyampaikan arahan pada Rapat Terbatas melalui konferensi video mengenai Lanjutan Pembahasan Food Estate, Rabu (23/9) di Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta.

Pemerintah, menurut Presiden, telah menyiapkan sementara ini 2 lokasi, yaitu di Kalimantan Tengah kemudian di Sumatra Utara. Ia menambahkan bahwa di Kalimantan Tengah yakni Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau, kemudian Sumatra Utara pada Kabupaten Humbang Hasundutan.

“Ini yang ingin kita prioritaskan terlebih dahulu, meskipun juga ada rencana akan kita lanjutkan setelah ini sudah mulai pengerjaan di lapangan untuk di provinsi yang lain, yaitu di Papua maupun di NTT dan di Sumatra Selatan. Tetapi ini apa, akan kita diskusikan setelah yang 2 ini betul-betul sudah bisa berjalan,” ungkap Presiden.

Menurut Presiden, sudah ada sejumlah progres di lapangan, meskipun masih terdapat beberapa masalah yang perlu segera diselesaikan.

“Yaitu yang berkaitan dengan kepemilikan lahan di area food estate. Kemudian ini menimbulkan sedikit masalah, tetapi saya yakin dan saya minta Menteri ATR/BPN ini bisa segera menuntaskan ini karena ini menyangkut sebuah area yang sangat luas,” jelas Presiden. 
 
 
 

Baca Juga

# Gan | Setkab/FID/EN

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 29 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS