Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, September 8, 2020

Dua Tokoh Muslim Nasional Sebut Peningkatan Kualitas Kafilah Sumut Signifikan

Tebing Tinggi(SUMUT).BM- Kualitas kafilah-kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Sumatera Utara (Sumut) terus meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Pengelolaan yang lebih serius dan fokus menjadi salah satu faktor utama peningkatan tersebut.

Setelah beberapa tahun kurang terlihat eksistensinya, kini Sumut berada di peringkat ketiga secara nasional. Ini tidak terlepas dari semakin seriusnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dalam pembinaan para qori/qoriah dan hafiz/hafizah.

"Dua tahun terakhir sampai Seleksi Tilawatil Quran Sumut sudah 3 besar. Hal ini karena semakin fokus pengelolaannya. Ada pelatihan dewan hakim, pelatihan qori dan qoriah, hafiz dan hafizah serta cabang-cabang lainnya dan itu dilakukan secara berjenjang. Pengelolaan sekarang semakin profesional," kata Said Agil Husim Al Munawar, Senin (7/9), saat diwawancarai sebelum bertugas menjadi Dewan Hakim Cabang 30 Juz pada MTQ Tingkat Provinsi Sumut ke-37 di GOR Marah Halim.

Menurut Said Agil, peningkatan kualitas kafilah Sumut tidak mengejutkan karena Sumut gudangnya qori/qoriah dan hafiz/hafizah. "Sebelumnya banyak anggapan Sumut ini tertidur, sehingga banyak qori-qorinya menyebar ke provinsi lain. Jadi pas nasional orang-orangnya itu juga, orang Sumut. Saya sendiri berguru pada Syekh Azrai (Abdurrauf) tahun 75-an. Jadi kalau talenta Sumut tak pernah kehabisan. MTQ kali ini membawa Sumut pada kedewasaan," kata mantan Menteri Agama RI ini.

Hal senada disampaikan Yusnar Yusuf Rangkuti. Menurutnya, pada MTQ ke-37 kali ini, Sumut mampu menelurkan kafilah yang berkualitas, terutama untuk tingkat remaja. Ini penting karena remaja dalam waktu dekat akan menggantikan senior-seniornya.

"Peningkatan kualitas sudah terlihat terutama qori dan qoriah. Di tingkatan remaja juga seperti itu. Penting adanya peningkatan kualitas pada tingkatan remaja karena dalam waktu dekat mereka akan menggantikan seniornya. Ini perlu konsistensi dan tekad. Saya yakin dengan bimbingan senior-seniornya yang sudah ternama, Sumut akan semakin mantap," kata Yusnar, yang menjadi Dewan Hakim untuk cabang Tilawah Remaja.

MTQ Tingkat Provinsi Sumut di Kota Tebing Tinggi berlangsung dari tanggal 5 hingga 11 September 2020. Ada 24 cabang yang diperlombakan dan berlangsung di 10 venue. Yusnar yang juga merupakan Ketua PB Al Jam'iyatul Washliyah mengatakan untuk yang belum menjadi juara kali ini masih ada MTQ berikutnya.

"Juaranya kan cuma ada 3 (setiap cabang), jadi yang belum menang jangan kecil hati, masih adan MTQ di tahun berikutnya. Kita harus ingat, MTQ ini bertujuan untuk dakwah, ukhuwah dan menginspirasi banyak orang, jadi tetap semangat dan konsisten," terang Yusnar. **(H15)

Baca Juga


# Gan | Humas Sumut

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 28 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS