Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Sunday, August 30, 2020

Semester I 2020, Penjualan Batu Bara Bukit Asam Capai 12,5 Juta Ton


JAKARTA.BM- Di tengah pandemi Covid-19 dan terus menurunnya harga batu bara, kinerja PT Bukit Asam Tbk (PTBA) di semester pertama 2020, masih tergolong mengilap.

Penjualan keseluruhan batubara emiten pelat merah ini pada enam bulan pertama 2020 mencapai 12,5 juta ton, yang terdiri atas penjualan ekspor sebesar 5,2 juta ton atau 41,4 persen dan penjualan ke pasar domestik mencapai 7,3 juta ton atau setara 58,6 persen dari total penjualan.

Dari sisi produksi, hingga Juli 2020, PTBA mampu menghasilkan 11,9 juta ton, diiringi dengan kinerja angkutan batu bara yang juga menunjukkan performa positif. Selama semester pertama tahun ini, tercatat kapasitas angkutan batu bara mencapai 11,7 juta ton.

Masih terjaganya kinerja operasional perusahaan hingga semester pertama 2020, tak lain merupakan hasil dari penerapan operational excellence yang berkelanjutan dan perluasan pasar yang menjadi strategi perusahaan dalam menjalankan bisnis di tahun ini.

Dampak pandemi Covid-19 memang berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Terutama dalam menghadapi volatilitas harga dan melemahnya permintaan pasokan batu bara akibat pandemi ini.

PTBA memastikan operasional tambang sampai saat ini masih berjalan dengan disiplin mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Perusahaan juga turut berpartisipasi aktif dalam memerangi wabah Covid-19 yang tengah melanda negeri ini.

Hingga Juli 2020, PTBA tercatat telah mengucurkan donasi lebih dari Rp 14,59 miliar, yang terdiri dari bantuan alat kesehatan, bantuan langsung ke masyarakat maupun komunitas, sarana dan prasarana untuk mendukung protokol kesehatan, sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19, dan lainnya.

Bantuan ke masyarakat diberikan tidak hanya untuk warga sekitar area pertambangan PTBA yang berada di Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Lahat, dan Kota Prabumulih. Namun juga untuk warga yang berada di provinsi lainnya di Sumatera melalui Penugasan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bina Lingkungan Insidentil.

Secara aktif sampai saat ini, PTBA terus memberikan sosialisasi kepada pegawai dan masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Mulai dari membiasakan cuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, etika saat batuk atau bersin, dan lainnya. Upaya sosialisasi ini juga disertai dengan pembagian masker yang hingga Juli 2020 mencapai 293.696 buah, sesuai standar Kementerian Kesehatan.

Masker-masker tersebut dibuat oleh para pelaku usaha lokal, sebagai upaya pemberdayaan ekonomi lingkungan sekitar perusahaan. (MEY)

Baca Juga


# Gan | Sumber!

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Rabu 24 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS