Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Wednesday, August 26, 2020

Pertemun Bilateral, Menlu Retno bertemu Menlu Vivian Bahas Pengaturan Essential Business Travel Corridor

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama dengan Menteri Luar Negeri S​​ingapura, Vivian Balakrishnan. (Kemlu)

​SINGAPURA.BM- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah lakukan pertemun bilateral dengan Menteri Luar Negeri S​​ingapura, Vivian Balakrishnan, hari ini (25/08/2020) di Singapura. Dua isu utama yang dibahas dalam pertemuan yaitu (i) persiapan Leaders' Retreat dan (ii) rencana pembuatan essential business Travel Corridor Arrangement (TCA) antara kedua negara.

Kedua Menlu sepakat pentingnya Leaders's Retreat tahun ini menghasilkan kerjasama konkrit yang akan merupakan refleksi terus menguatnya hubungan bilateral, walaupun dalam situasi krisis. Keduanya sepakat bahwa isu yang dapat dibahas dalam Leaders' Retreat antara lain penguatan kerjasama di bidang kesehatan, ekonomi dan keuangan.

Kedua Menlu juga sepakat untuk memulai pembahasan mengenai TCA. Kedua Menlu telah melakukan pertukaran elemen masing-masing konsep yang telah dimiliki masing-masing negara. Kedua Menlu sepakat menugaskan tim masing-masing untuk memulai negosiasi pada kesempatan pertama.


Sebagaimana diketahui, Indonesia telah memiliki pengaturan TCA dengan Persatuan Emirat Arab, Korea Selatan dan RRT. Pengaturan TCA dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan berlaku utamanya untuk perjalanan bisnis yang esential dan perjalanan kedinasan yang mendesak.


Singapura merupakan salah satu mitra penting Indonesia. Angka investasi Singapura di Indonesia masih menduduki peringkat pertama, yaitu USD 4.7 Milyar untuk semester I tahun 2020, atau kenaikan 36,3% dibanding periode sama tahun sebelumnya. Surplus perdagangan nonmigas juga mencatatkan kenaikan. Indonesia mengalami surplus perdagangan nonmigas pada semester I tahun 2020, yaitu USD 398 juta dibanding USD 360 juta periode sama tahun 2019, atau mengalami kenaikan surplus 10,6%


Kedua Menlu juga sepakat untuk mendorong agar 6 Working Group, yaitu di bidang kerjasama Batam Bintan Karimun, investasi, sumber daya manusia, transportasi, pertanian dan pariwisata dapat segera mengintesifkan komunikasi guna mempersiapkan deliverables Leaders' Retreat yang waktu penyelenggaraan akan ditentukan pada kesempatan pertama.


Dalam kunjungan ke Singapura, Menlu RI juga telah diterima oleh PM Singapura, Lee Hsien Loong. Persiapan Leaders' Retreat dibahas dalam kunjungan kehormatan tersebut.

Baca Juga


# Gan | Puspen Kemlu

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 29 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS