Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Wednesday, July 8, 2020

Gubernur Sugianto Sabran Pimpin Rakor Pemantapan Pilkada 2020


Palangka Raya(KALTENG).BM- Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran memimpin Rapat Koordinasi Pemantapan Pelaksanaan Tahapan Pilkada Serentak serta menyerahkan Dana Hibah Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Kalimantan Tengah secara virtual melalui video conference di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (08/07/20).

Rakor yang diikuti Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim dan Ketua Bawaslu Kalteng Satriadi serta Bupati/Wali Kota se-Kalimantan Tengah ini membahas pelaksanaan Pilkada serentak di tengah pandemi Covid-19 yang berpengaruh terhadap pendanaan.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengungkapkan Pilkada serentak 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat itu memerlukan banyak penyesuaian karena membutuhkan instrument tambahan seperti hand sanitizer, disinfektan, masker, sarung tangan dan APD sehingga perlu optimalisasi pendanaan hibah Pilkada melalui penghematan biaya tahapan sosialisasi, penyuluhan, bimtek pelaksanaan kampanye, rapat kerja dan perjalanan dinas serta kebutuhan ATK.

“Optimalisasi anggaran KPU, Bawaslu dan aparat keamanan telah dilakukan sedemikian rupa dengan asas efektif dan efisien agar tidak terjadi tumpang tindih. Semua hal-hal yang terkait dengan protokol kesehatan dan instrument tambahan hendaknya dapat dikoordinasikan dengan Tim Gugus Covid 19 Provinsi Kalimantan Tengah”, beber Sugianto Sabran.

Untuk itu, Gubernur Sugianto Sabran meminta Bupati dan Wali Kota se-Kalteng agar menjaga ketahanan ekonomi dan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait seperti KPU, Bawaslu, Polres, Kodim dan Organisasi Perangkat Daerah setempat, yang terkait langsung dalam pelaksanaan Pilkada.

Selain itu, para Bupati dan Wali Kota  juga diminta mengalokasikan dana Desk Pilkada yang proporsional di kabupaten/kota dan selalu berkoordinasi dengan Desk Pilkada Provinsi Kalimantan Tengah apabila terdapat kendala dan permasalahan sehingga dapat segera diselesaikan secara bersama.

Namun yang tidak kalah penting tegas Sugianto Sabran adalah sosialisasi kepada masyarakat guna mencapai target partisipasi pemilih melalui daring/online maupun langsung (untuk daerah - daerah yang tidak terjangkau jaringan). Demikian juga kepada penyelenggara dan pengawas pilkada yang menerima dana NPHD diminta mengutamakan prinsip kehati-hatian dalam setiap proses pengadaan barang dan jasa guna menghindari adanya indikasi korupsi.

Sehubungan pelaksanaan Pilkada serentak tersebut, Gubernur Sugianto Sabran mengimbau masyarakat agar tetap menjaga keamanan, ketertiban dan menciptakan kondusifitas daerah dan masyarakat hendaknya bijak bermedia sosial dengan menekankan prinsip mencegah dan menghindari upaya memecah belah persatuan dan kesatuan sehingga Pilkada berlangsung sukses dan terpilih pemimpin yang amanah.

Gubernur Sugianto Sabran pada Rakor tersebut juga menyerahkan Dana Hibah Penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020 kepada KPU Kalteng dan Bawaslu Kalteng serta Polda Kalteng. “Dengan penyerahan NPHD 100 % kepada penyelenggara Pilkada, diharapkan tidak ada permasalahan dalam pembiayaan sehingga semua tahapan dapat berjalan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan”, kata Sugianto Sabran.///


Baca Juga


# Gan | Humas Kalteng

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Rabu 24 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS