Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Saturday, May 16, 2020

Pasca Siklon Harold, Indonesia Kirimkan Bantuan Kemanusiaan Buat Fiji



Hubungan Bilateral yang Erat Indonesia - Fiji
​​​Suva(FIJI).BM- Indonesia merupakan sahabat bagi negara-negara di kawasan Pasifik. Telah banyak kerja sama maupun bantuan yang diberikan oleh Indonesia kepada negara-negara di kawasan tersebut, salah satunya Fiji. Belum lama ini, Indonesia melalui KBRI Suva telah menyerahkan bantuan kemanusiaan bagi Fiji pasca Siklon Harold (15/05/2020).

Bantuan sejumlah 13 ton tersebut diserahkan oleh Duta Besar Indonesia untuk Fiji merangkap Kiribati, Nauru dan Tuvalu, Benyamin Carnadi kepada Menteri Pertahanan merangkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Fiji, Inia Seruiratu.



Bantuan kemanusiaan yang terdiri dari tenda, makanan dan minuman diangkut menggunakan Pesawat Hercules milik TNI AU yang berangkat dari Indonesia pada Rabu (13/05/2020). Setelah penyerahan, bantuan akan disalurkan kepada masyarakat di Pulau Kadavu, Fiji.

“Kami turut bersedih atas apa yang dialami oleh saudara-saudara kami di Fiji, kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban mereka yang terdampak oleh siklon Harold," ujar Dubes Benyamin saat penyerahan bantuan.



Bukti persahabatan Indonesia dan Fiji tidak berhenti sampai di sini, sebagaimana diketahui pandemi COVID-19 mempengaruhi hampir seluruh negara di dunia, tidak terkecuali Fiji. Hal ini menyebabkan Pemerintah Fiji menutup bandaranya hingga akhir Mei 2020 yang menyebabkan tertundanya kepulangan 39 ABK WNI. Pesawat Hercules yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Fiji akan kembali ke Indonesia dengan para WNI tersebut.



Bantuan kemanusiaan dan kepulangan para WNI tersebut merupakan komitmen Pemerintah Indonesia dan bukti persahabatan yang erat dengan Fiji.


# Gan | KBRI Suva

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Sabtu 20 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS