Kerusuhan Meluas, KJRI Chicago Himbau WNI Waspada dan Lapor Jika Perlu Bantuan - Benang Merah News

Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19"
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_36.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_25.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Saturday, May 30, 2020

Kerusuhan Meluas, KJRI Chicago Himbau WNI Waspada dan Lapor Jika Perlu Bantuan

Sejumlah kebakaran dimulai di Minneapolis, dan petugas pemadam kebakaran mengatakan terlalu berbahaya untuk menjangkau semuanya. (fotol Reuters)

Midwest(AS).BM- Aksi unjuk rasa dan kerusuhan di Minneapolis, Minnesota karena meninggalnya seorang warga kulit hitam oleh kepolisian setempat dimungkinkan menyebar hingga ke wilayah lainnya.

KJRI di Chicago mengimbau warga negara Indonesia (WNI) yang berada di wilayah Midwest, Amerika Serikat,  untuk tetap tenang dan waspada menyusul rencana aksi unjuk rasa besar-besaran bertajuk "I Can't Breathe" pada Sabtu waktu setempat.

"KJRI Chicago hari ini telah mengontak simpul-simpul masyarakat di kota-kota tersebut dan minta ikut menyebarkan imbauan agar bersikap tenang namun tetap waspada serta menghindari tempat-tempat aksi demonstrasi," tulis KJRI Chicago dalam pernyataan yang diterima, Sabtu (30/05).

KJRI Chicago meminta WNI tetap tenang, namun tetap waspada dan mengedepankan prinsip kehati-hatian tulis dari akun resmi KJRI Chicago.

"Saat ini sedang terdapat kerusuhan di area Twin Cities, Minneapolis dan St Paul. Beberapa toko dijarah dan dibakar, serta garda nasional sudah diturunkan," dikutip dalam keterangannya.

WNI juga diminta untuk menghindari titik -titik aksi unjuk rasa dan membatasi berkegiatan diluar rumah, kecuali untuk kebutuhan mendesak.

KJRI Chicago meminta WNI mematuhi petunjuk aparat keamanan dan memantau pemberitaan setempat.

"Bagi WNI di Twin Cities, mohon agar sangat berhati-hati dan tetap tinggal di dalam rumah, serta patuhi arahan pemerintah setempat," lanjut tertulis di keterangan.

"Berdasarkan hasil kontak KJRI Chicago dengan simpul masyarakat, hingga Jumat pukul 21.00, seluruh WNI yang berada di dua kota tersebut sejumlah 270 orang dalam kondisi baik dan aman," kata pernyataan KJRI Chicago.

Usai muncul kerusuhan, Gubernur Negara Bagian Minnesota Tim Walz kemudian menetapkan status darurat per Kamis hingga Sabtu. Sejumlah aparat kepolisian serta personil Garda Nasional bersiaga di sekitar pusat kota Minneapolis.

Meskipun kondisi di Twin Cities pada Jumat pagi hingga siang sudah relatif lebih tenang, otoritas lokal tetap menerapkan jam malam demi mengantisipasi aksi massa yang lebih besar.

Selain itu WNI juga diminta untuk memantau keadaan sesama WNI dan segera melapor apabila ada WNI yang memerlukan bantuan ke hotline KJRI Chicago di +1 (312) 547 - 9114.

Baca Juga


# Gan

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS