Ini Langkah Sukses Menang Pilkada di Indonesia dengan Dana Kecil - Benang Merah News

Breaking

JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_36.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_53.html
COVID-19 DI INDONESIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_25.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Monday, March 9, 2020

Ini Langkah Sukses Menang Pilkada di Indonesia dengan Dana Kecil


Penulis: Syafrizal (Gan)
Benangmerahnews.com
Padang(SUMBAR).BM- Pesta Pilkada seremtak 2020 tidak lama lagi. Sebentar lagi kota- kota yang ikut pesta pilkada akan dipenuhi oleh spanduk-spanduk, baliho-baliho milik calon Kepala Daerah. Tujuannya Satu hanya agar terpilih dan menangkan suara di Pilkada wilayah yang dipilihnya.

Pilkada memang menarik untuk dibicarakan. Ada yang menanggapinya dengan skeptis dan ada yang menanggapinya dengan penuh harapan kepada calon wakil rakyatnya semoga bisa membawa perubahan-perubahan.

Menarik buat dibicarakan adalah karena sang Cawako dan Cabup agar terpilih akan melakukan berbagai upaya, bahkan rela mengeluarkan dana yang besar seperti untuk mencetak property-properti pendukung, sosialisasi, ‘uang kopi’ dan bantuan proposal warga, tentu saja yang diharapkan nanti bakal meminlihnya saat Pilkada digelar.

Sebenarnya jika para Cawako dan Cabup tersebut menyadari, dirinya tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk berhasil terpilih menang di Pilkada.

Ada beberapa Trik buat muluskan jalan sukses cita para Cawako dan Cagub jelang ajang kampanye dimulai;
   
1.Ketahui Data Pemilih

Yang pertama-tama Cawako/ Cagub lakukan adalah mengetahui jumlah pemilih di daerah pemilihan, seperti berapa jumlah pemilih beserta klasifikasinya. Selanjutnya anda membuat target berapa persen suara yang mesti diraih di setiap TPS.

Dengan mengetahui jumlah pemilih beserta klasifikasinya, otomatis kita mengetahui peta kekuatan lawan Cawako/ Cagub lainya.

2. Lakukan sosialisasi melalui door to door

Sistem ini sebenarnya dinilai ampuh untuk mendapatkan popularitas dalam sekejap, namun tidak begitu efektif karena membutuhkan waktu yang relatif lama sebab mesti mendatangi setiap masayarakat untuk meminta dukungan suara.

Tapi kalau langkah ini didukung oleh tin yang solid niscaya bakal meraup suara yang banyak di Pilkada.

3. Hadiri kegiatan masyarakat. 

Siapa pun anda, apa pun profesi yang anda lakoni tidak akan berarti apa-apa tanpa masyarakat banyak. Artinya, anda membutuhkan masyarakat untuk duduk menjadi Calon Wakil Rakyat. Caranya adalah anda mesti aktif di setiap kegiatan kemasyarakatan.

Jika Anda berhalangan atau tidak bisa hadir... kirim wakil anda beserta ucapan maaf karena tidak bisa menghadiri. Jangan lupa! karangan bunga bunga juga sarana alat kampanye yang efektif.

4. Sering Berkumpul

Cara ini memang membuat tebal muka bagi anda yang selama ini tidak pernah bergaul dengan lingkungan sendiri atau di tempat calon suara anda. Akan tetapi anda mesti tetap melakoninya sehingga target-target mengenali identitas anda sebagai calon dan pendekatan yang baik ke masyarakat.

5. Hafal ayat-ayat dan hadist

Jika anda menjadi calon orang besar hingga terpilih menjadi wakil rakyat, anda mesti siap-siap tampil di depan umum, baik dalam acara-acara rapat, seremonial hingga acara keagamaan seperti khutbah Jumat dan pidato di hari keagamaan. 

Jika tidak memiliki stok hadist dan stok ayat-ayat Al- Quran, maka dipastikan anda akan kewalahan karena diminta menjadi khotib shalat Jumat.

6. Datangi Acara Kematian

Ketika di wilayah anda ada warga yang meninggal dunia, yang harus anda lakukan adalah ikut ber-empaty terhadap keluarga yang kemalangan. Kalau perlu anda ikut mengangkat keranda jenazah dan ikut menshalatkan (bagi yang muslim) agar terlihat bersahaja dengan masyarakat.

7. Ikut Berkurban

Jika dalam waktu dekat akan dilaksanakan ibadah Qurban (kurban), yaitu penyembelihan hewan Qurban, anda mesti ikut dalam berkurban. 

Anda tidak perlu memilih korban yang besar, karena yang besar bisa di bagi menjadi 7 tempat lokasi, atau anda berkurban sendiri. Potong satu ekor hewan qurban di rumah anda dan langsung membagikan ke rumah warga bersama tim. tentu saja dengan menghilang rasa rianya.

8. Ikut Shalat bersama warga

Datang ke masjid, ajak ngobrol jamaah, tanpa perlu menyebutkan embel-embel minta dipilih. bila ini sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya bisa lebih efektif dan efesien.

Jika selama ini anda jarang atau tidak pernah melakukan shalat subuh di masjid-masjid, kali ini cobalah berniat untuk bangun subuh dan langkahkan kaki anda menuju masjid. Walau terlihat ‘munafik’ tapi ini langkah efektif orang akan mengenal anda.

9. Cetak Kartu nama, spanduk, baliho, stiker dan baju

Walau akan mengeluarkan dana yang tidak sedikit, namun untuk mencapai sesuatu tujuan anda mesti sedikit berkorban. Setelah anda mencetak kartu nama anda, atau spanduk, baliho, stiker dan baju anda mesti menyebarkannya.

Tapi ingat bagikan dahulu kepada warga yang anda nilai solid. Jangan sampai mereka meminta dulu baru dapat, kerena bakal mengurangi nilai anda di mata mereka.

10. Bentuk tim sukses

Tim sukses ini dibentuk bertujuan untuk bekerja mengidentifikasi data pemilih, menempelkan stiker dan membagikan kartu nama dan baju bergambar wajah anda. Selain itu tim ini bekerja sebagai pembentuk imej bagi anda di mata masyarakat.

Jangan asal pilih tim...bentuklah tim yang bisa membangun opini dan satire yang bisa membesarkan anda.

11. Sering-sering beri bantuan masyarakat

Jika anda diminta bantuan dana oleh masyarakat anda jangan sesekali menolaknya. Sekali anda menolak maka imej sebagai orang pelit akan menempel di diri anda. Resikonya tentu warga akan meninggalkan anda sebagai caleg dan tidak memberikan suaranya.


12. Sering-sering keluar di televisi, Koran dan Media Online

Jika anda ingin dilirik calon pemilih salah satu caranya adalah anda mesti populer di mata masyarakat. Yang mesti anda lakukan adalah sering-sering muncul di televisi, Koran-koran dan Media Online,

Dekati wartawan, bila bisa mendekati wartawan, itu lebih baik lagi. jadikan profil kita masuk ke dalam pemberitaan. agar masyarakat luas bisa lebih mengenal kita. kalau bisa kita tampil di media sebagai orang yang dekat dan peduli rakyat.


13. Pergunakan Media Sosial

Facebook, Whatshapp dan Twitter adalah langkah efektif dan tidak memerlukan biaya yang besar.

Anda mesti sering-sering berkomunikasi dengan banyak orang. Jika komunikasi terputus maka orang akan lupa kepada anda. Salah satu caranya adalah berkampanye melalui SMS atau email. Jika ada yang SMS, anda mesti membalasnya!.

Tapi penggunaan Medsos harus hati- hati dan jangan posting yang bersifat menghujat kelompok lawan, tapi postinglah langkah- langkah atau kebijakan kedepan perkembangan Kota Anda. Tapi kalau anda Incumbent/ Petahana maka postinglah keberhasil dari program anda. Kalau Mantan Kepala Daerah (Kada) maka postinglah keberhasilan diwaktu anda menjadi kepala daerah.

14. Manfaatkan Keluarga

"Jika ingin mengirit dana sosialisasi maka anda mesti memanfaatkan keluarga sebagai tim sukses."

Saat ini masyarakat sudah cukup pintar, mereka melihat track record calon yang akan mereka pilih. atau minimal mereka kenal dengan calon mereka tersebut. 

Jadi cara yang paling efektif adalah seperti cara jokowi yaitu ‘blusukan’. Bila membutuhkan 60 ribu suara, berarti diusahakan selama masa perkenalan dan kampanye Anda telah bertemu dengan 60 ribu orang. 

=Terlihat banyak namun sebenarnya sedikit bila mampu bekerja secara efektif=

15. Manfaatkan pendakwah, badan- badan atau LSM yang dekat dengan masyarakat

Cara selanjutnya adalah pendekatan kepada ibu-ibu melalui majlis taklim, posyandu atau kegiatan PKK. ini bisa mengandalkan bantuan istri. biaya pembuatan seragam majlis taklim, tentu ibu-ibu itu akan merasa berhutang jasa, dan akan berbalas pada saat Pilkada.

LSM yang sedang menggalang dana bantuan bencana di suatu daerah. adalah langkah efekti meraup suara disisi dua langkah [suara di LSM dan suara di wilayah bencana]. Kirimkan tim anda. Kehadiran anda ikut mengkampanyekan nilai baik dari LSM tersebut

SEMOGA ANDA MENANG!!!
NB; Tulisan ini pernah tayang di beberapa Media, tapi dengan penulis yang sama.

Baca Juga


# Gan | Sumber gambar(foto) image google

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS