Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Monday, March 2, 2020

2 Pasien Positif Covid-19 Dirawat di RSPI Sulianti Saroso


JAKARTA.BM- Presiden Joko Widodo didampingin Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung telah mengumumkan adanya 2 warga negara Indonesia yang terkonfirmasi positif covid-19. Keduanya masih satu keluarga yakni ibu (64) dan anak (31).

Dalam konferensi pers di Kementerian Kesehatan, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyampaikan bahwa keduanya terpapar virus tersebut dari kontak erat dengan warga negara Jepang yang berkunjung ke Indonesia.

“Tanggal 14 Februari terjadi kontak antara Warga negara jepang yang tinggal di Malaysia kontak dekat dengan berdansa bersama WNI tersebut,” kata Menkes.

Pada 16 Februari warga negara Jepang tersebut kembali ke Malaysia. Sang anak merasa tidak nyaman seperti batuk-batuk dan menjalani rawat jalan. Setelah 10 hari berselang yakni pada tanggal 26 Februari batuknya tidak kunjung hilang. Akhirnya sang anak minta untuk dievaluasi lebih ketat.

“ Dalam keterangannya, yang bersangkutan mengatakan melakukan kontak dengan orang jepang maka dia ditetapkan sebagai pasien dalam pengamatan, perlakuannya pun sama dengan dugaan infeksi,” imbuh Menkes.

Menkes menambahkan pada tanggal 28 Februari mendekati 29 Februari, yang bersangkutan di telepon oleh temannya yang warga negara Jepang bahwa dia dinyatakanya positif covid-19 dan dirawat di Malaysia.

Karena cerita tersebut, yang bersangkutan kemudian dipindahkan dari RS Mitra Keluarga ke RSPI Sulianti Saroso. Di sana dilakukan pemeriksaan swap dll, dan telah diketahui hasilnya pada Senin pagi (3/3).

“Hasilnya pagi tadi dinyatakan positif dan diumumkan oleh Presiden Joko Widodo,” jelas Menkes.

Ia menambahkan bahwa saat ini kondisi keduanya sehat dan perkembangannya pun akan terus dipantau oleh tim kesehatan terkait.

“Saat ini keduanya dirawat di RSPI Sulianti Saroso, nantinya perkembangan kesehatan mereka akan terus dipantau. Kondisinya baik, artinya tidak ada demam, tidak ada sesak nafas,” tuturnya

Berita ini dilansir dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemenkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id. (Mus)

Baca Juga


# Gan | Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat/drg. Widyawati, MKM.

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Rabu 24 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS