Resmi ditutup Konferensi Regional tentang Diplomasi Digital - Benang Merah News

Breaking

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un (إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ). Thank you for your contributions, inspirations, and spirits to develop our nation. We can’t thank you enough for what you’ve done to Indonesia. Sending my deepest condolences, Selamat Jalan Pak Habibie.

Wednesday, September 11, 2019

Resmi ditutup Konferensi Regional tentang Diplomasi Digital

Platform kerja sama kawasan mengenai diplomasi digital
​JAKARTA.BM- Regional Conference on Digital Diplomacy (RCDD) resmi ditutup Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Cecep Herawan. Selama satu hari penuh, “diskusi peserta RCDD berlangsung produktif, membahas berbagai isu penting dalam memanfaatkan potensi diplomasi digital”, ungkap Dirjen Cecep saat menutup RCDD malam 10 September 2019.

Wakil pemerintah, pemerhati, pakar teknologi digital dan pelaku bisnis berbasis teknologi digital telah bahas berbagai isu penting yang terbagi dalam 3 sesi.

Sesi pertama, membahas upaya bersama dalam memaksimalkan manfaat digitalisasi dan kemajuan teknologi; bertukar pengalaman antar negara-negara peserta dalam merumuskan strategi dan penerapan diplomasi digital; serta memastikan diplomasi digital dapat memberdayakan masyarakat, melindungi warga negara, mendorong inovasi, dan menyebarkan pesan-pesan perdamaian untuk memerangi ekstremisme.

Pada sesi kedua dan ketiga, diulas pentingnya teknologi informasi dan komunikasi dalam penanganan situasi krisis; dan membahas bagaimana perkembangan teknologi digital dapat mendorong pembangunan ekonomi di kawasan.

Melalui RCDD ini juga Kementerian Luar Negeri RI akan mengembangkan kerja sama dengan Pulse Lab Jakarta, Diplo Foundation, serta Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia, terkait peningkatan kapasitas dalam pemanfaatan teknologi digital bagi pelaksanaan diplomasi.

Negara-negara peserta juga mendiskusikan Jakarta Message yang akan menjadi “referensi bagi kerja bersama dalam meningkatkan diplomasi digital, di masing-masing negara, di kawasan dan di berbagai belahan dunia”, pungkas Dirjen Cecep. Pesan ini juga akan memuat rencana aksi untuk kerja sama berkelanjutan antar pemerintah, sektor swasta, dan pemangku kepentingan lainnya dalam membangun jejaring regional untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi digital dalam berdiplomasi.

RCDD dihadiri 10 negara ASEAN dan 6 negara kawasan yaitu, Australia, India, Jepang, Korea Selatan, RRT dan Selandia Baru, dibuka Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi pada Selasa pagi, 10 September 2019.


# Gan | Puspen Kemlu

No comments:

Post a Comment

PT. Benang Merah Persada Mengucapkan: Selamat datang di www.benangmerahnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Syafrizal Gan