Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, August 1, 2019

BPS: Juli 2019, Nilai Tukar Petani Naik 0.29 persen


JAKARTA.BM- Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan nilai tukar petani (NTP) nasional pada Juli lalu tercatat 102,63 poin, naik 0,29% dibandingkan catatan pada bulan sebelumnya yang sebesar 102,33 poin.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, kenaikan NTP disebabkan oleh kenaikan indeks harga hasil produksi pertanian lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan pada indeks harga barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga maupun untuk keperluan produksi pertanian.


Sebagai informasi, NTP adalah perbandingan indeks harga yang diterima petani (It) terhadap indeks harga yang dibayar petani (Ib). NTP merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kemampuan atau daya beli petani di perdesaan.


Sementara itu, NTP di dua subsektor pertanian lainnya mengalami penurunan, yaitu NTP subsektor tanaman perkebunan rakyat dan NTP subsektor perikanan, masing-masing sebesar 0,40% dan 0,32%.

Menilik regional, NTP Gorontalo mengalami kenaikan tertinggi sebesar 1,90%. Sebaliknya, NTP Sumatera Selatan mengalami penurunan terbesar, yakni 0,96% dibandingkan penurunan NTP provinsi lain.



# Gan | Humas BPS

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 18 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS